Jelang Musim Hujan, DPU Diminta Fokus Peningkatan Drainase di Kota Semarang

Potret drainase di Kota Semarang yang akan direnovasi. (foto dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Jawa Tengah secara umum memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2021. Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Sukasno bahkan mengatakan durasi musim hujan diperkirakan akan berlangsung sekitar 5 hingga 9 bulan.

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meminta jajarannya untuk melakukan berbagai upaya sebagai langkah antisipasi terjadinya genangan air akibat curah hujan yang mulai meningkat beberapa hari terakhir.

“Saya meminta kepada sedulur – sedulur yang ada di wilayah untuk aktif dalam meningkatkan kebersihan saluran, terkhusus Dinas PU saya minta lakukan pengerukan saluran air yang sedimennya cukup tinggi. Kita tahu belakangan ini hujan sudah mulai turun sehingga perlu tindakan antisipatif agar tidak timbul genangan air,” ujar Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu, Rabu (6/10/2021).

Sejumlah kegiatan pun telah dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang untuk mengantisipasi genangan akibat air hujan, baik melakukan pengerukan sedimentasi maupun pembersihan sampah di saluran air. Beberapa di antaranya yakni pengerukan menggunakan alat berat di Kali Sambiroto, saluran Taman Hasanudin, depan Rumah Sakit Wongsonegoro, saluran Jalan Gajah hingga Kali Seruni Tlogosari.

Hendi mengakui bila mengantisipasi genangan hujan tak cukup dengan pengerukan alat berat namun juga secara manual hingga saluran air di sekitar tempat tinggal warga.

“Ini tidak cukup hanya dengan alat berat, namun juga harus secara manual sehingga pasukan bebek akan terus kita terjunkan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang memiliki ratusan personel pasukan bebek atau pasukan oranye yang bertugas melakukan pengerukan manual di saluran kecil maupun pembersihan sampah secara rutin setiap hari di sudut-sudut kota.

Keberadaan pasukan bebek ini akan melengkapi sejumlah kegiatan fisik yang tengah dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum seperti peningkatan talud atau tanggul di Kali Banger, Tinjomoyo, 3 titik di kelurahan Tandang, dan normalisasi saluran Sendangmulyo.

Sejumlah program pelebaran drainase pun juga mencapai tahap finishing dan diharapkan pada pekan ketiga Oktober dapat terselesaikan. Beberapa di antaranya yakni drainase di area Simpanglima, Kali Semarang dan juga Kandang Kebo.

Salah satu pelebaran saluran air yang telah selesai dan memberi dampak positif yakni saluran air di depan Unimus Kedungmundu, yang setiap turun hujan sering terjadi genangan air.

“Dulu lebar saluran di sana hanya 40 cm, kini diperlebar menjadi 1.2 meter. Alhamdulillah beberapa hari terakhir, saat hujan turun tidak ada lagi genangan air di sana,” terang Sih Rianung, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang.

Pihaknya pun mengungkapkan juga terus berkoordinasi dengan BBWS Pemali-Juana untuk penyelesaian sejumlah proyek di Kali Sringin, Kali Tenggang, Kali Babon dan Bringin agar dapat dapat menjadi solusi mencegah banjir di Kota Semarang. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini