Jelang Imlek, Klenteng Tien Kok Sie Mulai Berbenah

Warga Tiong Hoa membersihkan patung di Klenteng Tien Kok Sie, Pasar Gede Solo.

SOLO (Sigi Jateng) – Jelang Tahun Baru Imlek, Klenteng tertua di Indonesia, yaitu Klenteng Tien Kok Sie, di Solo mulai berbenah namun dipastikan tidak ada acara perayaan Tahun Baru Imlek termasuk diadakannya perayaan Cap Go Meh.

“Kegiatan bersih-bersih Klenteng ini biasa dilakukan menjelang Tahun Baru Imlek, termasuk ritual membersihkan patung-patung yang akan dilakukan mendekati Tahun Baru Imlek,” terang Ketua Yayasan Klenteng Tien Kok Sie, Soemantri Dana Waluya, Senin (01/02/2021).

Sejumlah pekerja melakukan pengecatan pada ornamen-ornamen dan serta mencuci 17 patung dan sejumlah peralatan ibadah di Klenteng Tien Kok Sie.

Selain melakukan pembersihan juga dilakukan penggantian beberapa lilin dan dupa yang biasa dipakai untuk upacara dan ritual doa.

” Segala kegiatan ritual keagamaan akan dilakukan oleh pengurus Klenteng, umat bisa mewakilkannya kepada pengurus untuk berdoa. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan massa di tengah pandemi covid-19,” ujar Soemantri.

Meskipun acara PAO OEN atau perayaan Imlek ditiadakan, Klenteng Tien Kok Sie tetap mengadakan Puja Pelita, atau pemasangan Thiam Ting yang akan mulai tengah malam dari tanggal 12 Februari sampai dengan 26 Februari 2021, namun hanya pengurus Klenteng saja yang menyalakan. (Raditya Hermansyah)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here