Jangan Khawatir, Bantuan Subsidi Upah Rp1 Juta Tetap Cair Meski Penerima Tak Miliki Rekening Himbara

Bantuan subsidi upah Rp1 juta bisa dicairkan seluruhnya, tanpa potongan. Foto: Istimewa

Jakarta (Sigi Jateng) – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memastikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta tetap dicairkan ke penerima yang tidak memiliki rekening bank Himbara. Pasalnya, Kemenaker akan memfasilitasi pembukaan rekening baru bank Himbara bagi penerima tersebut.

“Bagi Rekanaker penerima BSU yang belum memiliki rekening bank Himbara, Kemanaker akan membukakan rekening baru bank Himbara,” bunyi pengumuman Kemenaker di akun Instagram @Kemnaker @kemnaker, Kamis (9/9/2021) lalu.

Sebagai informasi, pencairan bantuan subsidi upah diutamakan bagi para pekerja yang terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Adapun besaran BSU yang disalurkan kepada calon penerima, yakni sebesar Rp1 juta.

Kemenaker menjelaskan, bagi para pekerja yang ingin mengetahui perkembangan status penyaluran BSU, Anda bisa mengunjungi website resmi BSU Kementerian Ketenagakerjaan.

“Untuk mengetahui perkembangan status penyaluran BSU, kunjungi notifikasi penyaluran BSU di bsu.kemnaker.go.id,” bunyi penjelasan Kemenaker.

Sedangkan jika rekening para pekerja sudah tercantum di notifikasi, Anda bisa langsung mengunjungi bank Himbara terdekat untuk mencairkan BSU sebesar Rp1 juta. “Setelah rekening Rekanaker tercantum di notifikasi, penerima BSU tinggal datang ke bank Himbara terdekat untuk mengaktifkan rekening dan mengambil dana tunai,” demikian pengumuman Kemenaker.

Diberitakan sebelumnya, Dana subsidi upah (BSU) yang disalurkan melalui Bank Himbara tak dikenakan potongan apapun, termasuk biaya administrasi. Dengan begitu, penerimanya bisa mencairkan bantuan ini seluruhnya.

“Penyaluran BSU tidak dikenakan potongan apapun, termasuk potongan biaya administrasi. Jadi, bantuan BSU sebesar Rp1 juta tersebut dapat ditarik atau dicairkan seluruhnya,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dikutip dari akun Kementerian Ketenagakerjaan di Instagram, Minggu (26/9/2021).

Dia menjelaskan, kini penyaluran BSU telah memasuki tahap V dengan total data calon penerima BSU yang telah diserahkan BPJS Ketenagakerjaan kepada Kemnaker sebanyak 7.748.630 calon penerima. Kemnaker memprioritas penerima bantuan ini tidak menerima program bantuan lain.

“Kita prioritaskan penerima BSU ini tidak menerima program lain, sehingga ada pemerataan penyaluran berbagai bantuan pemerintah yang telah dikeluarkan oleh pemerintah,” ujarnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here