Jalan Banyak Berlubang, DPRD Blora Usul ke Bupati Pinjam Rp 500 Miliar Ke Pemerintah Pusat

Salah satu kondisi jalan rusak di kabupaten Blora, Jumat (19/3/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Wakil Ketua DPRD Blora Siswanto, mengusulkan agar Bupati Blora secara cepat membuat ajuan pinjaman untuk penanganan infrastruktur  jalan dan jembatan, kemudian dibahas secara bersama dengan DPRD Kabupaten Blora.

“Saya setuju jika pinjaman dilakukan untuk penanganan infrastruktur saja, khususnya perbaikan jalan dan jembatan. Bukan untuk kepentingan lainnya,” kata Siswanto, Wakil Ketua DPRD Blora, Kamis (18/3/2021) Kemarin.

Menurutnya, melihat rusaknya jalan, maka pinjam sebanyak Rp 500 milyar bisa untuk membangun 150 kilometer jalan yang rusak berat.

“Artinya, PR jalan rusak selesai 500 persen,” ucapnya.

Diterangkan, dari hasil pencermatan, kondisi jalan rusak di Kabupaten Blora mencapai 964 kilometer (78 persen) dari total ruas jalan Kabupaten Blora yang mencapai 1,200 kilometer.

Dari 964 kilometer tersebut, 300 kilometer diantaranya rusak berat, 664 rusak sedang.

“Kami menyambut baik wacana Bupati Blora untuk melakukan pinjaman. Wacana pinjaman sudah disampaikan Bupati Blora Pak Arief Rohman pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blora, usai pelantikan,” kata Siswanto.

Mengenai kemana harus meminjam, dirinya mengusulkan agar Bupati Blora H. Arief Rohman mengajukan pinjam ke pemerintah pusat melalui program Pinjaman Daerah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui PT. SMI (Persero) yang dibawah koordinasi Kementerian Keuangan.

Berita Terbaru:

Pinjaman Daerah melalui PEN bunga rendah, bisa diangsur 2 sampai 7 tahun dengan menggunakan APBD Kabupaten Blora.

“Saya usul agar Bupati Blora, Pak Arief Rohman bisa gerak cepat, agar bisa realisasi pada APBD Kabupaten Blora Tahun Anggaran 2022 yang penyusunan Rencana Kerja Penerintah Daerah (RKPD) dimulai melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Blora, akhir Maret 2021 ini,” ungkapnya. (Agung)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini