Intensitas Hujan Tinggi, Ketua DPRD Demak Imbau Masyarakat Siaga Banjir

Ketua DPRD Kabupaten Demak Sri Fahrudin Bisri Slamet (FBS) (foot istimewa)

DEMAK (Sigijateng.id) – Intensitas hujan di wilayah Kabupaten Demak belakangan ini cukup tinggi, Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet (FBS) menghimbau masyarakat untuk siaga banjir.

FBS meminta masyarakat siap saat ada banjir. Hal itu dimaksudkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti memakan korban. 

“Ketika ada banjir pun pastinya masyarakat juga harus dipersiapkan atas segala sesuatunya, sehingga banjir itu tidak memakan korban,” katanya, Selasa (23/11/2021). 

Ia menyebut peran eksekutif dalam mitigasi bencana banjir dan saat terjadi banjir perlu dipersiapkan. 

“Mestinya normalisasi sungai dan sebagainya harus dilaksanakan, sehingga banjir yang biasanya melanda di Sayung dan sebagainya ini bisa diantisipasi dengan baik,” kata FBS, Selasa (23/11/2021).

Ditambahkan, bahwa kesiapan terutama Dinas PU bidang pengairan harus melihat lagi tanggul tanggul yang kritis. Artinya antisipasi dari awal sehingga itu tidak menjadi bencana.

“Kalau tanggul tanggul yang sudah kritis sudah diantisipasi pastinya kita sudah persiapan sehingga yang terjadi kemarin tidak terjadi lagi,” paparnya.

FBS juga mengingatkan agar dinas terkait sudah mempersiapkan penanganan saat terjadi banjir.

“Terkait dengan ketika terjadi bencana banjir juga semua harus dipersiapkan, termasuk dapur umum dan sebagainya dan bagaimana antisipasinya,” katanya. 

“Yang langganan banjir dan sebagainya ini kan perlu diwaspadai di situ,” sambung orang yang akrab disapa FBS. 

Antisipasi penyakit saat terjadi banjir juga perlu dipersiapkan masyarakat. Seperti halnya genangan yang menyebabkan gatal dan nyamuk dapat berkembang biak.

“Termasuk antisipasi penyakit pada saat banjir, genangan air yang menyebabkan gatal, demam berdarah dan sebagainya ini kan pastinya semuanya patut diperhatikan,” tutupnya. (aris/*)

Berita Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here