Inilah Sosok Dokter Yang Suntik Vaksin Gubernur Ganjar Tadi Pagi

Zulfachmi Wahab, dokter senior yang menyuntik vaksin covid-19 ke lengan tangan kiri Ganjar Pranowo, Kamis (14/1/2021).

SEMARANG (SigiJateng) – Menjadi dokter orang yang dipercaya menyuntikan vaksin covid-19 ke lengan tangan pejabat sebagai pembuka adalah pengalaman langka. Maka cukup wajar jika ada yang grogi, meski menyuntuk adalah kegiatan rutin. Hal ini seperti dokter yang menyuntik vaksin Presiden Jokowi, Rabu (13/1/2021).

Lantas siapa yang menyuntik lengan tangan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, tadi pagi (14/1/2021).

Dokter “beruntung” itu bernama lengkap Zulfachmi Wahab. Dia dokter senior. Meski pengalaman langka, dokter Zul (begitu sapaan akrabnya) tampak tenang dan santai saat menusukkan jarum ke lengan kiri Ganjar.

Ternyata, selain memang sudah berpengalaman sebagai dokter dan cukup senior, ada hal yang membuat Zul tidak merasa grogi sama sekali ketika menyuntik Ganjar, yaitu setiap pagi, dokter Zul adalah orang yang selalu menemani Ganjar saat gowes keliling.

Yah, dokter Zul adalah salah satu dari beberapa teman gowes Ganjar. Setiap pagi, ia bersama Ganjar selalu bersepeda keliling ke sejumlah tempat untuk bersama-sama menjaga kesehatan. Selain itu, mereka juga aktif melakukan edukasi pada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan selama pandemi berlangsung.

“Rasa grogi sebagai manusia ya pasti ada, tapi alhamdulillah tadi lancar. Selain itu, saya dengan pak Gubernur, pak Wakil Gubernur ini kan sudah kenal dekat, selain menjadi dokter pribadi beliau, saya juga sekaligus teman gowes. Jadi sudah terbiasa dengan beliau,” kata dokter Zul kepada wartawan usai menjalankan tugasnya.

Selain itu, sebagai dokter senior spesialis penyakit dalam di RSUD Tugurejo, pekerjaan menyuntik lanjut dia sudah merupakan pekerjaan sehari-hari. Sehingga, ia mengatakan tak ada yang istimewa dengan pelaksanaan vaksinasi saat ini.

“Rasanya tidak ada yang istimewa, karena sudah merupakan pekerjaan setiap hari. Ya kesiapan mental saja, sambil memberikan motivasi untuk yang lainnya termasuk memberikan yang terbaik bagi bangsa,” ucapnya.

Apalagi setelah penyuntikan, Zul nampak lega karena Ganjar tidak menunjukkan gejala yang berarti. Sebab biasanya, setelah imunisasi ada gejala yang disebut kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

“Tadi diminta menunggu 30 menit kalau ada gejala ikutan. Alhamdulillah semuanya tidak ada gejala dan pelaksanaan vaksinasi pertama ini berjalan lancar,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, program vaksinasi Covid-19 telah dilakukan di Jawa Tengah pada Kamis (14/1). Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menjadi orang pertama yang divaksin di Jateng, disusul kemudian Wakil Gubernur, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda, Wakil Ketua DPRD Jateng, Kajati. Ketua Kanwil Kemenag Jateng, Ketua Ikatan Profesi Dokter dan Perawat dan sejumlah tokoh penting lainnya. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini