Inilah Keutamaan Amalan Membaca Surat Al Waqiah bagi Umat Muslim

Membaca Surat Al Waqiah dianjurkan untuk diamalkan Muslim agar mendapat kemudahan dan kelancaran rezeki. (Foto: istockphoto/pixabay.com)

Sigijateng.id – Dalam Al Quran, tiap surahnya memiliki keutamaan masing-masing, begitu juga dengan Surat Al Waqiah. Ada kisah nyata berkah membaca Surat Al Waqiah setiap hari yang diungkapkan Ustaz Yusuf Mansur (UYM) salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Quran.

Ia mengungkapkan, senjata utama bagi orang yang ingin selalu mendapat keberkahan hidup dan dilimpahkan rezeki adalah rutin membaca Al Quran. “Baca Quran kalau mau hidup berkah tiap hari. Mintanya kepada Allah, istiqomah. Kalau tidak bisa 30 juz, baca Surat Al Waqiah, Surat Ar Rahman tiap pagi dan sore hari,” kata UYM sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Mozaik Islam.

UYM menuturkan, dirinya pernah menjumpai salah seorang yang sedang membangun rumah. Namun, pembangunan rumah tersebut terhenti karena terkendala biaya. “Saya tanya kenapa berhenti. Katanya kurang dana. Saya tanya ada Quran? kenapa gak dibaca,” ucapnya.

Membaca Surat Al Waqiah dianjurkan untuk diamalkan Muslim agar mendapat kemudahan dan kelancaran rezeki. (Foto: istockphoto/pixabay.com)

“Saya sarankan baca Quran surat Al Waqiah, Ar Rahman, Al Mulk, dan Yasin tiap pagi sore. Dua tahun kemudian setelah rutin membaca Surat Al Waqiah, orang itu dapat rezeki dapat rumah yang sudah jadi. Rumah yang belum selesai direnovasi itu dijual,” sambungnya. 

Para ulama menyatakan keutamaan membaca surat Al Waqiah padam tiap malam akan dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran.

Pada Tafsir Ibnu Katsir disebutkan Al-Hafiz ibnu Asakir telah mengatakan dalam biografi Abdullah ibnu Mas’ud lengkap dengan sanadnya  bahwa Abdullah ibnu Mas’ud dalam sakitnya yang menghantarkan kepada kematiannya dijenguk oleh Usman ibnu Affan.

Lalu Usman bertanya, “Sakit apakah yang engkau rasakan?” Ibnu Mas’ud menjawab, “Dosa-dosakulah yang membuatku sakit.” Usman bertanya, “Apakah yang engkau inginkan?” Ibnu Mas’ud menjawab, “Rahmat Tuhanku.”

Usman bertanya, “Maukah engkau kudatangkan seorang tabib?” Ibnu Mas’ud menjawab, “Tabib akan membuatku bertambah parah.” Usman bertanya, “Maukah aku perintahkan agar kuberikan ata (pemberian) untukmu?” Ibnu Mas’ud menjawab, “Saya tidak memerlukannya.”

Membaca Surat Al Waqiah dianjurkan untuk diamalkan Muslim agar mendapat kemudahan dan kelancaran rezeki. (Foto: istockphoto/pixabay.com)

Usman berkata, “Itu nantinya untuk anak-anak perempuanku sesudah kamu tiada.” Ibnu Mas’ud menjawab, “Apakah aku mengkhawatirkan anak-anak perempuanku jatuh fakir? Sesungguhnya aku telah memerintahkan kepada semua anak perempuanku agar setiap malam membaca surat Al-Waqi’ah karena aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda:

“مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ، لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا”. ‘

Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya’.

Hadits semisal telah diriwayatkan oleh Abu Ya’la, dari Ishaq ibnu Ibrahim, dari Muhammad ibnu Munib, dari As-Sirri ibnu Yahya, dari Syuja’, dari Abu Zabyah, dari Ibnu Mas’ud dengan sanad yang sama.

Doa Surat Al Waqiah Setelah membaca Surat Al Waqiah, dianjurkan untuk berdoa memohon kepada Allah SWT diberikan keberkahan rezeki.

Berikut doa setelah membaca Surat Al Waqi’ah yang diijazahkan KH Ali Maksum Krapyak:

الّلهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِحَقِّ سُوْرَةِ الْوَاقِعَةِ وَأَسْرَارِهَا أنْ تُيَسِّرَلِيْ رِزْقِي كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِن خَلْقِكَ يَا ألله يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Alloh yaa robbal ‘aalamiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu dengan kebenaran surat Waqi’ah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezekiku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhlukMu, ya Allah, ya robbal ‘alamin.”

Wallahu A’lam Bissawab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here