Inilah Doa Agar Terbebas dari Hutang Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Ilustrasi:

SIGIJATENG.ID – Hampir setiap manusia pernah dan bahkan masih memiliki urusan hutang-piutang dengan sesama manusia lainnya. Soal besar dan kecilnya, bergantung kepada kebutuhan seseorang.

Hutang-piutang dalam ajaran islam tidaklah dilarang. Hal ini menandakan sikap saling tolong menolong dengan sesama manusia.

Perlu diingat, membayar hutang adalah wajib. Jangan sampai kita tidak membayar hutang, karena akan ditagih di akhirat kelak.

Jangan pernah terbersit di hati kalau tidak akan membayar hutang. Karena hal itu tidak boleh dan justru malah bisa menghalangi rejeki.

Tanamkan selalu niatan untuk membayar hutang, dengan terus memohon kepada Allah agar bisa segera membayar hutang.

Jika kita termasuk orang yang sukar membayar hutang, perlu diketahui bahwa Islam telah mengajarkan kita agar terbebas dari belenggu tersebut. Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada umatnya beberapa doa agar terbebas dari hutang.

Berikut adalah 3 doa yang bisa kita amalkan agar terbebas dari jeratan hutang.

SATU: Doa terbebas rasa malas untuk bayar hutang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma innii a’udzubika minal hammi wal-hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal-kasali, wa a’udzubika minal jubni wal-bukhli, wa a’udzubika min gholabatid-daini wa qohrir-rijaali”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan, dari lemah kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari banyak hutang dan kezaliman manusia.”

Di dalam doa ini mengandung maksud supaya kita hanya berlindung kepada Allah dan menghilangkan rasa malas untuk membayar utang.

DUA: Doa agar bisa melunasi hutang

الله ربي لا اشرك به شئا

Alloohu Robbii. Laa usyriku bihii syai-aa.

Amalkan bacaan ini tiap-tiap sujud akhir. Baca doa ini sebanyak 40 sampai 100 kali.

Dari dua kalimat pada doa tersebut, ada penjelasan di setiap katanya.

“Allahu Robbii…”

Allah adalah Tuhan kita semua, yang akan membantu melunasi utang dengan memberi rizki buat kita. Allah itu pembebas segala kesulitan dan Allah akan mempermudah jalan-jalan yang sulit buat kita. Segala hal yang kita butuhkan supaya utang kita lunas hanya dari Allah saja semata.

“Laa usyriku bihii syai-aa”

Maksudnya adalah komitmen dan statement, tidak perlu yang lain. Jangan pilih jalan yang salah agar hutang segera lunas.

Di samping mengamalkan dan membaca doa yang diajarkan Rasulullah SAW ini, ketika seseorang diterpa banyak masalah, dirundung kegundahan, dan impitan hidup, Rasulullah SAW juga mengajarkan dzikir sebagai:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ

 “Hasbunallah wani’mal-wakil, ni’mal-mawla, wani’man-nashir.” (Cukuplah Allah tempat berserah diri bagi kami, sebaik-baik pelindung kami, dan sebaik-baik penolong kami).

Perbanyak dzikir dengan mengucapkan kalimat tersebut, yakin Allah akan memberikan pertolongan. (asz)

Berita terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here