Hindari Kerumunan, Walikota Semarang Inisiasi Vaksinasi Drive Thru

Suasana pelaksanaan vaksinasi drive thru di kompleks Klenteng Sam Poo Kong (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) -Terjadinya kerumunan massa saat antri vaksinasi di gedung Gradhika Bhakti komoleks kantor Gubernur Jawa Tengah dalam dua hari ini disayangkan sejumlah pihak . Apalagi akhir-akhir ini angka penularan covid-19 meningkat. 

Melihat hal tersebut, program vaksinasi dengan konsep driver thru menjadi hal menarik yang perlu dilaksanakan. 

Pemerintah Kota Semarang dan Gojek pada Senin lalu (7/6/2021) di komplek Klenteng Sam Poo Kong telah membuat vaksinasi konsep driver thru. Konsep vaksinasi diinisiasi oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi itu berjalan tertib. Tak hanya menerapkan konsep drive thru, pendaftaran vaksinasi pun dilakukan secara online melalui website victori.semarangkota.go.id.

Dengan memberlakukan pendaftaran secara online, Pemerintah Kota Semarang membatasi kuota vaksinasi hanya sebanyak 500 orang setiap harinya. Selain itu juga sistem pendaftaran online juga akan secara otomatis membagi jam perkiraan penerimaan vaksin, sehingga tidak terjadi antrian panjang.

Hendi, biasa akrab disapa Wali Kota Semarang, menerangkan jika vaksinasi yang diselenggarakan di Klenteng Sam Poo Kong direncanakan akan berlangsung selama sekitar dua bulan, sejak dibuka pada 7 Juni 2021 kemarin. 

“Karena kuotanya dibatasi setiap harinya supaya tidak terjadi penumpukan, maka pembukaan vaksinasinya memang dirancang agak panjang, sekitar dua bulan,” tuturnya, Rabu (9/6/2021). 

“Untuk pendaftaran melalui online kami tutup 1 juli, tapi untuk pelaksanaan vaksinasinya kita upayakan sampai 30 juli,” tambah Hendi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam menargetkan vakisnasi yang digelar di Sam Poo Kong dapat meningkatkan persentase penerima vaksin di ibu kota Jawa Tengah. 

“Total capaian vaksinasi di kota Semarang data cut off 9 Juni Pukul 12.00 Wib, dari jumlah sasaran yang ditargetkan, untuk dosis 1 sudah mencapai 97.9 %, dan untuk dosis 2 sebanyak 75.8 %. Yang dilakukan di Sam Poo Kong ini juga untuk mempercepat vaksinasi, disediakan drive thru dan non drive thru,” jelasnya. (Mushonifin) 

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini