Hari ini PPKM Level 4 Berakhir, Diperpanjang Atau Tidak? Berikut Komentar Satgas Covid-19

PPKM Level 4 akan berakhir hari ini. Foto : Istimewa

Jakarta (Sigi Jateng) – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang dilaksanakan mulai 26 Juli akan berakhir pada hari ini 2 Agustus 2021. Namun, hingga kini belum ada informasi dari pemerintah pusat apakah PPKM level 4 ini akan berlanjut.

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, dr. Alexander K. Ginting mengatakan perpanjangan PPKM level 4 ini akan tergantung dari hasil kajian data-data perkembangan Covid-19 selama 7 hari terakhir.

“Untuk bagaimana selanjutnya PPKM, tentu ini akan tergantung dari berbagai hasil kajian data-data yang ada selama 7 hari terakhir. Dievaluasi mulai dari kasus aktif harian, kemudian juga bagaimana dengan penularannya, dan juga keterisian tempat tidur baik di level Kota ataupun Kabupaten atau juga secara menyeluruh di tingkat Provinsi,” kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (2/8/2021).

Alex mengatakan kasus Covid-19 secara nasional dari laporan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 juga Kementerian Kesehatan saat ini terjadi pelandaian baik kasus harian, kasus aktif harian, juga bed occupancy ratio (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan.

“Jadi sebagaimana yang kita dapat dari berbagai data yang dilaporkan oleh Juru Bicara Nasional ataupun juga dari dashboard yang ada di Kementerian Kesehatan maupun di Satgas, kita melihat yang pertama terjadi pelandaian-pelandaian kasus-kasus harian, kasus aktif harian, dan termasuk juga terjadi penurunan BOR di rumah sakit rujukan,” tuturnya.

Alex pun memberikan contoh di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran saat ini terjadi penurunan dari 90 persen menjadi dibawah 40 persen. “Sebagai contoh kita lihat di Wisma Atlet terjadi penurunan yang tadinya 90 persen sekarang di bawah 50 persen, bahkan di bawah 40 persen,” katanya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini