Hari Ini Masjid Al Qodar Sendangmulyo Sembelih 13 Sapi dan 23 Kambing dengan Prokes

SEMARANG ( Sigijateng.id ) – Pengurus Masjid Jami’ Al Qodar Sendangmulyo melakukan penyembelihan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1442 H pada hari ini Rabu (21/7/2021), yang kebetulan hari pertama Tasyrik.

Penyembelian dilakukan dengan menerapkan ptotokol ketat. Adapun jumlah hewan yang sembelih sebanyak 13 ekor sapi dan 23 ekor kambing.

Ketua Panitia Kurban Masjid Al Qodar Sendangmulyo, Hamboro mengatakan, berdasarkan pemeriksaan sebelum dan sesudah semua hewan kurban yang disembelih menunjukkan hewan kurban tersebut dalam keadaan sehat semua.

”Daging kurban akan kami bagikan kepada warga sekitar Perumnas Sendangmulyo, para jamaah masjid, panitia kurban, pengurus takmir masjid, dan pengurus yayasan masjid Al Qodar. Untuk sementara tercatat 959 bungkus daging,” kata Hamboro.

Dia mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada warga yang telah memberi kepercayaan kepada panitia dengan menitipkan hewan kurban.

Ketua Yayasan Al Qodar Sendangmulyo, Isdiyanto Isman SIP mengatakan, ada beberapa hikmah terkait anjuran berkurban di hari Idul Adha atau hari-hari Tasyriq.

”Disebutkan dalam Darul Ifta’ Al-Mishriyah, setidaknya ada tiga hikmah mengapa dianjurkan untuk berkurban di hari Idul Adha. Pertama, untuk bersyukur kepada Allah atas berbagai nikmat yang telah Dia berikan kepada kita,” tuturnya.

Di antara bentuk bersyukur kepada Allah, katanya, adalah mengikuti perintah-Nya dengan cara berkurban di hari Idul Adha. Ini karena berkurban di hari Idul Adha termasuk bagian dari perintah-Nya.

”Perintah untuk berkurban ini sebagaimana difirmankan oleh Allah dalam surah Al-Kautsar yakni, Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

Kedua, lanjutnya, untuk menghidupkan ajaran atau sunnah Nabi Ibrahim.

”Sebagaimana kita ketahui bahwa Nabi Ibrahim pernah diperintahkan untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Menerima perintah tersebut, Nabi Ibrahim dengan sabar hendak melaksanakan perintah tersebut. Namun perintah tersebut akhirnya dibatalkan oleh Allah dan sebagai gantinya Nabi Ibrahim diperintah untuk menyembelih kambing di hari Idul Adha,” ungkap Isdiyanto.

Yang ketiga adalah menyembelih hewan kurban termasuk bagian dari perantara untuk melapangkan rizki kepada diri sendiri, keluarga, tetangga, teman dan orang fakir miskin di hari Idul Adha.

”Dan melapangkan rizki, baik kepada diri sendiri, keluarga, tetangga dan bersedekah kepada fakir miskin merupakan ajaran dan sunnah yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw,” tandasnya.

Sementara, pada Idul Adha 1442 H, Masjid tidak menggelar Sholat Idul Adha intuk taat aturan pemerintah dan tausiyah MUI. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here