Gugur Ditembak KKB, Keluarga Almarhum Sertu Ari Baskoro Ungkapkan Hal ini

Suasana rumah duka almarhum Sertu Ari Baskoro di Desa Pidodo Kulon Kecamatan Patebon dihalaman rumah dipenuhi karangan bunga duka cita. Foto : Isimewa

Kendal (Sigi Jateng) – Pihak keluarga di Kendal, Jawa Tengah sangat terpukul begitu mendapat kabar salah satu keluarganya gugur saat bertugas. Keluarga berharap Sertu Ari Baskoro menjadi korban terakhir dari kekejaman kelompok teroris kriminal bersenjata (KKB).

Sejak Minggu (21/11/2021) pagi, rumah duka Sertu Ari Baskoro di Desa Pidodo Kulon Patebon, Kabupaten Kendal, terus didatangi peziarah. Tampak sejumlah karangan bunga berjajar di rumah duka, di antaranya dari KSAD Jenderal Dudung Abdurahman, Pangdam Iskandar Muda hingga rekan sejawat dari unsur TNI.

Di mata keluarga, Sertu Ari Baskoro merupakan sosok yang baik. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini memang bercita-cita ingin menjadi anggota TNI. Sukses menjadi anggota TNI pada tahun 2016, Sertu Ari langsung ditempatkan di Aceh hingga ditugaskan di Koramil Suru-Suru.

Menurut keluarga, terakhir Sertu Ari komunikasi pada tanggal 14 November 2021 dengan mengabarkan keadaan sekaligus memberikan kabar tinggal beberapa hari lagi dia akan selesai melaksanakan tugasnya di Koramil Suru-Suru.

Setelah selesai tugas Desember rencana Ari akan pulang ke Kendal dan akan melamar sang kekasih. Namun siapa sangka nasib berkata lain, Sertu ari Baskoro gugur saat menjalankan tugas negara. Tidak ada firasat apapun saat komunikasi terakhir. Namun Sabtu (20/11) siang mendapat kabar kalau Ari meninggal dunia karena tertembak KKB saat akan belanja kebutuhan sehari-hari.

“Dia dari SD kalau lihat tentara itu pengin sekali jadi tentara. Akhirnya setelah lulus SMA, dia mendaftarkan diri ke Secaba. Dia anaknya cenderung pendiam tidak banyak ngomong,” kata Adi Nugroho, kakak dari almarhum Sertu Ari Baskoro, Minggu (21/11/2021).

“Rencana almarhum akan dimakamkan pada hari Senin setelah zuhur sekitar jam 1 siang. Ya semoga kejadian ini adalah kejadian yang terakhir, yang meninggal di Papua. Semoga tidak ada Ari-Ari yang lain yang meninggal di Papua,” katanya.

Diketahui, Sertu Ari Baskoro kelahiran 26 Oktober 1996 lalu masuk di TNI AD pada bulan Februari  2016. Selanjutnya Ari mulai bertugas sebagai anggota satuan BKO Apter Koramil persiapan Suru-Suru yang akan berakhir di bulan Desember ini.

Sertu Ari Baskoro merupakan putra ketiga dari pasangan Endro Subroto dan Titik Kisworini yang saat ini tinggal di Desa Pidodokulon Kecamatan Patebon Kendal. Anak pertama  bernama  Adi Nugroho, anak kedua Agung Raharjo dan Ari Baskoro merupakan anak bungsu.

Rencananya jenazah Sertu Ari Baskoro hari ini akan diterbangkan langsung dari Sentani Papua melalui jalur udara dan darat menuju rumah duka dan akan dimakamkan hari Senin (22/11) besok di tempat pemakaman keluarga. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini