Gelar Operasi Ketupat Candi 2021, Polda Jateng Juga Antisipasi Ancaman Terorisme

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi saat pengarahan Persiapan Operasi Ketupat Candi 2021 bersama Kapolres Eks Karesidenan Pekalongan dan Kendal. (Dok.)

PEKALONGAN (Sigi Jateng) – Polda Jateng telah melakukan penggalangan ke tokoh-tokoh agama dan masyarakat untuk mengantisipasi ancaman teroris di Bulan Ramadhan. Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi mengatakan pihaknya juga terus memonitor seluruh pergerakan terorisme untuk memastikan tak ada celah bagi para pelaku teroris untuk menjalankan aksinya.

“Kita akan pantau terus setiap pergerakan yang arahnya ke terorisme, Negara tak boleh kalah dengan aksi terorisme, radikalisme dan anarkisme” jelas Kapolda Jateng di sela-sela pengarahan Persiapan Operasi Ketupat Candi 2021 bersama Kapolres Eks Karesidenan Pekalongan dan Kendal pada Rabu (14/4/2021).

Kapolda juga melarang ormas-ormas maupun kelompok lainya untuk melakukan kegiatan kepolisian, seperti sweeping dan lain sebagainya.

“Di Bulan Ramadhan ini tidak ada Ormas maupun Kelompok lainnya yang melaksanakan kegiatan Kepolisian,” tegasnya.

Untuk itu, Kapolda akan menetapkan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) untuk meningkatkan keamanan. Selain itu, KAYA ini juga difokuskan dalam pemberantasan miras.

Untuk pencegahan dan penanganan pemudik dari luar provinsi, Kapolda Jateng mengungkapkan dalam Operasi keselamatan Candi 2021 pihaknya sudah mulai melakukan penyekatan terutama di jalur Pantura, terutama di Rest Area.

“Sudah kita bentuk Posko yang tujuannya untuk beri himbauan pada masyarakat terkait pencegahan Covid-19,” terang Luthfi.

Dalam Operasi Ketupat Candi 2021, petugas akan mengedukasi terkait Prokes dan memberi peringatan pada para pengguna jalan.

“Artinya tak ada penindakan hukum,” tegas Kapolda menjelaskan mengenai soal wacana pemberian sanksi atau tilang pada pelanggar prokes.

Kapolda juga menerangkan bahwa di setiap rest area hanya boleh diisi 50% kendaraan selebihnya kendaraan lain yang sudah ada di restart area terlebih dahulu akan dikeluarkan.

Polda Jateng dan Jajaran juga akan laksanakan patroli untuk mengantisipasi letusan-letusan petasan dan terus melaksanakan himbauan kepada masyarakat untuk tidak berkerumun/ kumpul-kumpul seperti takbir keliling, pawai obor.

Kegiatan Pengarahan berjalan lancar dengan tetap menjalankan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19.

Kegiatan tersebut dihadiri Irwasda Polda Jateng Kombes Pol Mashudi, Karolog Polda Jateng Kombes Pol Bambang Ricky Sidonarto, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol M. Rudy Syarifudin, Dirreskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Kombes Pol Johanson Ronald Sinamora, Dansat Brimob Polda Jateng Kombes Pol Farid Bachtiar Efendi, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, dan Kapolres jajaran Eks wil. Pekalongan dan Kendal. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini