Gebyar Hari Santri, Kelompok 66 KKN UIN Walisongo di Pati Adakan Lomba MTQ Online Tingkat SMP/MTs

PATI (Sigijateng.id) – Pandemi Covid 19 tidak menjadi halangan bagi Tim KKN RDR 77 Kelompok 66 UIN Walisongo Semarang untuk menggelar acara Lomba MTQ Online Tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Pati. Guna memutus penularan Covid 19, kegiatan ini dilaksanakan secara online (22/10/2021). Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021. Lomba MTQ Online ini mengusung tema “Santri Milenial Jaman Now”.

Ahmad Tri Wahyudi, Koordinator Kelompok 66 KKN RDR 77 UIN Walisongo Semarang mengatakan bahwa lomba MTQ Online ini diikuti oleh 25 peserta dari beberapa SMP/MTs di Kabupaten Pati.
“Tujuan kami mengadakan lomba MTQ Online ini yaitu untuk mengembangkan bakat tilawah yang dimiliki peserta dan memberikan motivasi generasi millenial untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an,” kata Ahmad Tri Wahyudi.

Lomba yang diadakan berupa lomba Tilawatil Qur’an. Adapun syarat peserta yaitu siswa-siswi SMP/MTs se-Kabupaten Pati. Pendaftaran lomba dimulai dari tanggal 7-20 Oktober 2021 dengan mengisi link google form yang telah disediakan. Pelaksanaan lomba dilakukan secara serentak pada tanggal 22 Oktober 2021. Adapun teknis perlombaan yaitu masing-masing peserta mengupload video Lomba Tilawatil Qur’an melalui akun instagram sekolah maupun masing-masing dengan menandai @kknrdr_66 kemudian dilakukan penjurian. Untuk penilaian video adalah tajwid, suara, gaya lagu dan like terbanyak. Pemenang lomba diumumkan tanggal 27 Oktober 2021 sekaligus penyerahan hadiah yaitu untuk juara 1, 2 dan 3 mendapat Uang Pembinaan, Sertifikat dan Piala. Untuk seluruh peserta mendapatkan E-Sertifikat. Video pemenang lomba di repost pada akun ig @kknrdr_66 dan akun youtube KKN RDR66

Endri Setiawan, S.Pd., guru di MTS Negeri 2 Jepara sekaligus juri dalam lomba ini mengatakan bahwa event lombanya bagus kekinian, karena memanfaatkan media digital sebagai media untuk menuangkan bakat dan dakwah bil medsos. Namun, alangkah baiknya jika penampilan peserta direkam secara live sehingga orisinalitasnya tetap terjaga.

Adapun pemenang lomba MTQ Online Tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Pati yaitu:
JUARA 1 DURROTUN ASYIFA BAIZURMAN kelas 7E MTs Negeri 1 Pati.
JUARA 2 UMI SAIDAH kelas 9A MTs Silahul Ulum.
JUARA 3 NAFAKHOTIS SYAIBATUL SADIYAH kelas 9E MTs Manahijul Huda.

Ahmad Zaenal Arifin, M. Ag. Selaku WAKA Kesiswaan MTs Negeri 1 Pati mengucapkan terimakasih kepada Tim KKN RDR 77 Kelompok 66 UIN Walisongo Semarang karena telah memberikan wadah untuk mengembangkan bakat peserta didiknya.
“Karena masih dalam keadaan pandemi tidak banyak yang mengadakan event lomba non akademik salah satunya tilawatil qur’an ini, kami sangat berterimakasih kepada Kelompok 66 karena telah mengadakan lomba semacam ini sehingga memberikan wadah bagi peserta didik kami untuk mengembangkan bakatnya,” tambahnya.

Segenap panitia penyelenggara lomba mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam Lomba MTQ Online ini. Kami bangga dengan atensi dan semangat yang begitu besar dari para qari-qari’ah generasi millenial di Kabupaten Pati dalam mencintai seni bacaan Al-Qur’an melalui Lomba MTQ ini. (kel 66/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here