Ganjar Minta Bhabinsa Gencarkan Tracing Pasien Terkonfirmasi COVID-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melakukan pantuan vaksinasi di RSUD Ambarawa, Kamis (18/2/2021)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan pada Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas agar dalam sehari bisa mendapatkan minimal 15 kontak erat dari pasien terkonfirmasi COVID-19 yang ada di wilayahnya.

Hal itu disampaikan Ganjar, pada Bhabinsa Kelurahan Kupang, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Serka Choiriyanto yang ditemuinya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di RSUD dr Gunawan Mangunkusumo, Kamis (18/2).

Kepada Ganjar, Serka Choiriyanto sudah melakukan tracing setelah sebelumnya melakukan pelatihan. Sehari, dia dapat lima orang. Adapun kendala yang dihadapinya saat tracing adalah jika anggota keluarga dari pasien terkonfirmasi COVID-19 tersebut sedang bekerja. Meski begitu, kata Choiriyanto, jika ditemukan kasus demikian maka dirinya melaporkannya pada Puskesmas setempat.

Mendengar itu, Ganjar memberikan apresiasi pada Serka Choiriyanto. Namun, Ganjar meminta agar ditingkatkan lagi. Paling tidak, dalam sekali tracing Serka Choiriyanto bisa mendapatkan minimal 15 kontak erat.

“Jadi supaya lebih banyak ditemukan, lebih cepat kita tangani dan nggak menyebar,” ujarnya Ganjar.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi di RSUD dr Gunawan Mangunkusumo menurut Ganjar berjalan dengan baik. Laporan dari Kepala RSUD dr Gunawan Mangunkusumo, dr Choirul Anam, pelaksanaan vaksinasi tahap I sudah 95 persen.

“Vaksin berjalannya bagus yang (termin) kedua tadi juga presentasinya sudah 86an. Mudah-mudahan semua rumah sakit bisa berprestasi, dan tadi ada cara mengundangnya penting, karena ada grup WA nya,” ucap Ganjar usai mengecek proses vaksinasi.

Selain itu, Ganjar juga sempat menemui sejumlah tenaga kesehatan yang baru melaksanakan vaksin kedua karena sebelumnya tidak bisa akibat halangan seperti hamil hingga komorbid.

“Dan yang kemarin pertama tidak bisa kan sekarang boleh, nah yang sekarsng mulai bisa divaksin kita undang lagi. Kalau ini bisa dilakukan percepatan insyaallah akan membantu,” ujarnya. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini