Fungsi Humas Olahraga Penting, KONI Kota Semarang Bekali Pengetahuan dan Kemampuan Jurnalistik

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara memberi pembekalan pada peserta Penguatan Kehumasan Cabang Olahraga di Aula Kecamatan Banyumanik. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara memberi pembekalan kemampuan jurnalistik kepada humas-humas cabang olahraga. Baginya, bidang humas merupakan bagian penting dalam perkembangan olahraga.

“Humas berperan meningkatkan popularitas sebuah cabang. Hal tersebut sebagai upaya menggandeng pihak ketiga menjadi sponsorship, ” tekannya pada peserta saat membuka Penguatan Kehumasan Cabang Olahraga di Aula Kecamatan Banyumanik, Senin (5/4/2021).

“Berapapun dana hibah yang diberikan pemerintah, tidak akan cukup. Jadi KONI dan cabang olahraga harus membuat inovasi menggaet sponsorship. Itu bisa terjadi jika cabang tersebut dikenal dan profesional dalam pengelolaan organisasi,” tegas Arnaz meminta pada para peserta untuk profesional dalam menjalankan tugas kehumasan.

Informasi perkembangan cabang khususnya atlet, sangat penting. Sehingga masyarakat bisa mengetahui before/after kondisi cabang tersebut. Hal ini untuk menumbuhkan kepercayaan stakeholder kepada cabang.

“Masyarakat masih awam pada sebuah cabang menjadi kewajiban humas untuk mengenalkan cabangnya. Masalah komunikasi masih menjadi persoalan bagi humas. Dengan penguatan humas ini, diharapkan humas cabang olahraga bisa lebih berperan,” tandasnya.

Ketua Panitia kegiatan Ferry Sataryanto mengatakan, penguatan ini untuk menguatkan sinergi cabang olahraga dengan KONI dan masyarakat.

“Humas lebih maksimal dalam mendapatkan data. Setidaknya tahu apa yang menjadi kebutuhan wartawan. Komunikasi dengan media akan lebih maksimal,” kata Ferry. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here