Empat Mahasiswa Universitas Semarang Ciptakan Sistem Penerimaan Pegawai Berbasis Website

Para mahasiswa Universita Semarang, menunjukkan system hasil karyanya.

SEMARANG ( sigijateng.id ) Pandemi Covid-19, mahasiswa Universitas Semarang (USM) Membuat Inovasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan di UMKM Kedai Sekawan di Jepara

Sebanyak, empat mahasiswa program studi Sistem Informasi Universitas Semarang, 5 Juni 2021, menciptakan sebuah inovasi disaat pandemi Covid-19 dengan membangun sebuah program atau sistem pendukung keputusan penerimaan pegawai menggunakan metode WP berbasis website.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Ahmad Mukmin Jamaludin, Aldy Renaldi, Ferry Surya Adji Bawana, dan Ivan Zammorano.

Mereka membuat sebuah program seleksi karyawan baru di UMKM Kedai Sekawan, UMKM Kedai Sekawan merupakan usaha yang bergerak di bidang penjualan kopi yang berlokasi di Lebuawu, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Pengelolaan keputusan penerimaan karyawan baru saat ini masih menggunakan metode pertimbangan manual, dengan calon karyawan yang datang langsung ke tempat UMKM Kedai Sekawan untuk melakukan seleksi.

Hal ini merupakan metode yang kurang tepat disaat pandemic Covid-19. Maka keempat mahasiswa tersebut dengan bimbingan oleh dosen pengampu Saifur Rohman Cholil, S.Kom., M.Kom. membuatkan sebuah sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan baru di Kedai Sekawan berbasis website dengan menggunakan metode WP.

Jamaludin, salah satu perwakilan dari kelompok mahasiswa tersebut, mengatakan, metode WP memiliki keunggulan dari segi proses pengambil keputusan dan akomodasi, pemilihan metode ini juga didasarkan atas kompleksitas komputasi yang tidak terlalu sulit sehingga waktu yang dibutuhkan dalam menghasilkan perhitungan relatif singkat. Berdasarkan permasalahan yang ada,

“Dengan membangun sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode WP ini diharapkan mampu membantu usaha tersebut dalam memilih karyawan baru yang lebih berkualitas dan tetap menerapkan protocol kesehatan” katanya.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah SPK yang di ampu oleh dosen Saifur Rohman Cholil, S.Kom., M.Kom. dan diharapkan dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh UMKM yang bersangkutan.

“Saya sebagai pemilik usaha Kedai Sekawan sangat berterimakasih dengan adanya sistem tersebut, lebih memudahkan kami untuk memilih karyawan baru namun tetap menerapkan protocol kesehatan” ujar pemilik usaha Kedai Sekawan. (asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here