Dua Hafidz Unwahas Juara PTQ Nasional

Muhamamd Abdul Faqih (Hafizh) dan Durrotul Muqoffa (Hafizhah) saat tampil dalam Final Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) Nasional Radio Republik Indonesia ke-51 di Palembang 1-4 Mei 2021. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Mahasiswa Unwahas kembali menorehkan prestasi nasional. Muhamamd Abdul Faqih (Hafizh) dan Durrotul Muqoffa (Hafizhah) meraih Juara II dalam Final Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Nasional Radio Republik Indonesia ke-51 di Palembang 1-4 Mei 2021. Kedua mahasiswa merupakan penerima beasiswa Hifdzil Qur’an dari Yayasan Wahid Hasyim Semarang. Keduanya memperoleh pembebasan uang kuliah tetap (UKT) selama menempuh studi.

Abdul Faqih merupakan mahasiswa baru angkatan tahun 2020 dan tengah berada di semester dua. Pemuda ganteng ini berasal dari Tuntang Kabupaten Semarang. Kekuatan hafalan, kefasihan tajwid, dan kemerduan irama hafalannya menjadikannya salah satu kader Imam Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Durrotul Muqoffa merupakan mahasiswi asal Kabupaten Rembang yang lahir dari keluarga besar para Huffazh. Pada tahun 2019 lalu, Muqoffa meraih Juara I MTQ Mahasiswa Nasional yang diselenggarakan di Aceh.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Assoc. Prof. Dr. H. Andi Purwono menyambut gembira capaian prestasi membanggakan kedua mahasiswa Unwahas tersebut.

“Keduanya merupakan talenta- talenta berbakat di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffazh (JQH) El Hasyimi. Ke depan, mahasiswa yang lain juga diharapkan mampu meneruskan tradisi juara di bidang Tilawatil Quran ini,” ujarnya pada Rabu (5/5/2021).

Ucapan syukur dan apresiasi juga disampaikan Rektor Unwahas, Prof. Dr. H. Mudzakkir Ali.

“Prestasi ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk turut menorehkan prestasi di berbagai bidang baik akademik maupun minat dan bakat,” sebutnya.

Secara khusus, Rektor mendorong keduanya untuk bisa menghasilkan rekaman tilawah dan tartil yang bisa diupload dan dipublikasikan secara nasional.

Sebelumnya, Faqih dan Muqoffa menjuarai ajang PTQ di RRI Semarang. Atas keberhasilan itu keduanya mewakili RRI Semarang dan Korwil XI ke tingkat nasional. Final PTQ Nasional tahun ini digelar di Kota Palembang pada 1 – 4 Mei 2021 dengan tiga cabang lomba, yakni tilawah, tausiah dan tahfiz 15 juz. Sebanyak 271 peserta berkompetisi dalam final PTQ Nasional di Kota Palembang setelah menyisihkan ribuan peserta lainnya sejak awal Ramadhan 1442 H.

Sebagaimana Faqih dan Muqoffa, PTQ Nasional kali ini lebih didominasi peserta kalangan milenial. Hal tersebut sesuai tema PTQ yakni meningkatkan nilai-nilai Alquran untuk membangun spirit generasi muslim milenial menuju SDM unggul Indonesia maju. Selain menjadi mahasiswa Unwahas, Durrotul Muqoffa juga tercatat di organisasi para Qori’ dan Penghafal Qur’an yaitu Pengurus Wilayah Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffazh (JQH) NU Jawa Tengah pengurus bidang pembinaan tahfizh.

Secara terpisah, Ketua Yayasan Wahid Hasyim Semarang, Prof. Dr. KH Noor Achmad, MA menyatakan bahwa sebagai Badan Pengelola Unwahas, yayasan memang memberi apresiasi kepada para Hafizh untuk bisa menempuh kuliah di kampus ‘Intelektual Berkarakter’ tersebut. Beasiswa diberikan mulai Hafizh 10 Juz hingga 30 Juz berupa pembebasan uang kuliah tetap (UKT). Harapannya, para Hafizh dan Hafizhah yang cerdas tersebut memiliki juga ijazah pendidikan formal agar mereka para generasi qurani bisa mengisi berbagai bidang pekerjaan.

“Selain Hafizh, beasiswa juga diberikan bagi siswa yang berprestasi di bidang olah raga dan seni,” tutup Prof. Noor Rachmad. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini