DPRD Jateng Minta Pemprov Lakukan Percepatan Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono. ( foto humas dprd jateng)

SEMARANG (Sigijateng.id ) – Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono menyatakan berdasarkan penjelasan Gubernur Jawa Tengah dalam penyampaian Raperda Jawa Tentang perubahan atas Perda Jawa Tengah No 5/2019 tentang RPJMD Jawa Tengah 2018-2023 dijelaskan, bahwa capaian Indikator Kinerja Daerah (IKD) atau indikator program masih perlu dilakukan upaya keras. Capaian indikator tersebut salah satunya dipengaruh oleh kondisi lingkungan strategis khususnya dampak pandemi Covid-19 pada sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi.

“Harapan kami, dalam sisa masa tahun RPJMD Pemprov lebih fokus pada percepatan pelaksanaan kebijakan, strategi, dan program pembangunan daerah terutama untuk peningkatan pertumbahan ekonomi, penurunan kemiskinan dan pengangguran serta kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Ferry Wawan seperti dilansir di jateng.prov.go.id.

Ferry Wawan menyatakan hal itu saat memberikan sambutan pada Workshop DPRD Jateng dengan tema “Evaluasi Capaian Pembangunan Jawa Tengah Tahun 2018-2020” di Atria Hotel, Magelang, Jumat (4/6/2021).

Acara tersebut diikuti Pj Sekda Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Aribowo, termasuk jajaran pimpinan yakni Ketua Bambang Kusriyanto serta para Wakil Ketua DPRD Quatly Abdulkadir Alkatiri, Ferry Wawan Cahyono, serta Rektor Untag Semarang Suparno. Untuk narasumber hadir secara tatap muka Yanuar Andriana Putra dari Kementerian Dalam Negeri, sedangkan dari Kementerian Keuangan Agung Widiadi hadir secara virtual.

Dikatakan Ferry, mengenai capaian pembangunan Jawa Tengah, DPRD sebagai mitra daerah sangat mengapresiasi sejumlah langkah-langkah kebijakan untuk melakukan pengendalian dan evaluasi terhadap pembangunan sebagaimana diatur pada Pasal 276 UU No 23/2014 tentang Pemerintah Daerah.

“DPRD sesuai dengan fungsinya akan selalu memberikan dukungan baik lewat APBD dan akan tetap terus mengkritisi terhadap usulan maupun pelaksanaan program-program serta mengevaluasi terhadap pelaksanaannya di lapangan,” kata politisi Partai Golkar ini. (Aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here