DPRD Jateng Dukung Terobosan Kemudahan dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Sukirman, Wakil Ketua DPRD Jateng

SEMARANG (Sigi Jateng) – DPRD Provinsi Jateng mendukung terobosan pemerintah yakni kemudahan dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Penegasan itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Sukirman, dalam talk show di sebuah radio Jumat (12/3/2021).

Hadir nara sumber lainnya, Ketua Komisi A DPRD Mohammad Saleh, Anggota Komisi D DPRD Albertus Agung Satria Hermawan, dan Anggota Komisi B Pujo Widiono.

Sukirman mengatakan selama ini sudah banyak cara untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Pembayaran itu dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi Sistem Administrasi Kendaraan Dan Pajak Online (Sakpole), samsat keliling hingga penambahan titik pelayanan dan jam operasional sehingga semakin memudahkan masyarakat sekaligus terhindar dari antrian panjang dan calo.

“Aplikasi Sakpole ini bisa di download di Google PlayStore di smartphone berbasis Android,” kata politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Dengan aplikasi Sakpole, kat Sukirman, masyarakat cuma menyiapkan e-KTP dan STNK lalu masuk ke ikon pendaftaran online. Pembayaran pajak tersebut nantinya juga akan digunakan untuk kepentingan masyarakat. PKB itu akan masuk ke kas daerah menjadi PAD Jateng yang nantinya dialokasikan untuk pelayanan dasar seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Dalam hal ini, DPRD Provinsi Jateng memastikan PKB dialokasikan dengan benar yakni untuk masyarakat dan pembangunan Jateng.

“Setelah adanya kemudahan dalam pembayaran PKB, masyarakat bisa lebih tertib sehingga kemudian pajak tersebut akan dikelola, direncanakan, dan dilaksanakan dengan benar. Terutama juga di bidang pertanian, peternakan, dan UMKM yang sempat melemah karena adanya pandemi Covid-19 ini,” kata Sukirman. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here