Dongkrak Perolehan Kursi 2024, PKS Akan Rekrut Caleg Potensial Non Kader

Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi didampingi Ketua DPW PKS Jateng Muh Haris saat memberikan keterangan kepada wartawan disela-sela pembukaan Rakerwil PKS Jateng, Jumat (2/3/2021)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menargetkan perolehan suara 15 persen pada pemilu legislative 2024. Salah satu cara untuk mendongkrak perolehan suara adalah dengan merekrut calon anggota legislative potensial non kader (luar kader).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi saat membuka acara Rapet Kerja Wilayah (Rakerwil) Partai Keadilan Sosial (PKS) Jateng di Hotel Patra Semarang, Jumat (2/4/2021) sore.

Suasana Pembukaan Rakerwil PKS Jateng di Hotel Patra Semarang, Jumat (2/4/2021)

DPW PKS Jateng menggelar Rakerwil selama 2 hari, yakni Jumat hingga Sabtu (2- 3 April 2021), diikuti seluruh DPC, DPD PKS dan seluruh kader pelopor se Jateng baik melalui daring maupun luring.

“Kami minta, DPW PKS Jateng mencari tokoh potensial non kader untuk kita rekrut dijadikan caleg. Bisa purnawirawan polri, purnawirawan TNI, mungkin juga kader partai lain, atau siappun, yang berkualitas dan potensial. Kita membuka kesempatan seluas-luasnya untuk  non kader,” kata Habib Aboe Bakar Al Habsyi.

Menurut Habib Aboe Bakar, mencari caleg potensial non kader juga sebagai salah perwujudkan dari visi partai, yaitu Rohmatan Lil’alamiin. Dengan visi itu, PKS harus terbuka dan bisa merangkul semua orang dari berbagai latar belakang berbeda untuk .

“Rekrut tokoh potensial. Tentu harus bisa memenuhi syarat, yakni siap dana, mau membesarkan partai, dan mau memperjuangkan umat,” terang Habib Aboe Bakar.

Pada pemilihan Legislative 2024 nanti, kata Habib Aboe Bakar, PKS Jateng ditarget menaikkan jumlah kursi angota legislative di semua tingkatan. Untuk target kursi DPR RI dari 5 jadi minimal 10, kursi DPRD Jateng dari 10 menjadi 18 kursi, sedang kursi DPRD di 35 Kota/Kabupaten di Jateng menjadi 267 kursi.

“Agar target bisa terpenihi, semua elemen partai harus bekerja keras terukur dan terstruktur. Rakerwil ini, sebagai ajang untuk merancang dan memantapkan program guna memenuhi target itu,” kata Habib Aboe Bakar.

Berita Lainnya:

Disisi lain, Habib Aboe Bakar juga mengingatkan kepada pengurus DPW Jateng dan anggota lebislatif Jateng untuk mendukung dan mensuport Pemprov Jateng dibawah kepemimpinan Ganjar Pranowo, agar program Pemprov Jateng bisa terlaksana dengan baik.

“Tidak ada oposisi di Jateng. Jadi, PKS harus mendukung guberrnur agar program program pemprov bisa terlaksana,” pintanya.

Sementara, Ketua DPW PKS Jateng Muh Haris menegaskan PKS berkomitmen untuk terus aktif dan turut serta berperan membantu masyarakat Jawa Tengah untuk bersama-sama menggeliatkan kembali perekonomian di Jawa Tengah. “Tren covid-19 yang kurvanya mulai melandai, kita harus mulai bersiap untuk bisa kembali bangkit, baik dari sektor  perekonomian, kesehatan, dan lain-lain. Oleh karenanya PKS Jateng mulai membahas dan menyusun program-program yang dapat saling bersinergi dengan pemerintah Provinsi Jawa Tengah, maupun pemerintah kabupaten dan kota,” tegasnya. 

Beberapa program yang dibahas pada rakerwil PKS kali ini, seperti sekolah pemuda PKS yang merupakan program pendampingan bagi kaum muda dan sekolah bagi petani. “Kami memiliki sebuah pandangan bahwa Jawa Tengah ini adalah salah satu daerah yang sangat potensial dalam segi pengembangan agri bisnis. Sehingga masyarakat kita coba untuk dorong kembali agar bergeliat lagi di sektor agribisnis. Maka kita coba lakukan pendampingan, pelatihan, dan kita coba untuk membangun jejaring pasar, yang dikomandoi oleh teman-teman di jaringan ekonomi, yang ada di PKS.” 

Disis lain, Haris menambahkan, hingga tahun 2024 sepertinya tidak akan ada pilkada, baik pemilihan bupati/walikota dan gubernur. Adapun untuk pemanasan mesin partai, PKS bisa bergerak aktif di ajang pemilihan kepala desa (Pilkades). “Pilkades digelar di 29 daerah yang menggelar pilkades. Pengurus PKS tingkat desa bisa ikut di ajang ini untuk ajang pemanasan mesin partai,” katanya. (Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here