Diterjang Puting Beliung, Sejumlah Rumah Warga di Klaten Rusak

Dampak puting beliung di Klaten, Kamis (28/1/2021). Foto: dok. Pusdalops BPBD Pemkab Klaten

Klaten (Sigi Jateng) – Peristiwa angin puting beliung menerjang wilayah Klaten pada Kamis (28/1/2021). Bahkan, peristiwa puting beliung yang terjadi di Klaten tersebut juga viral di sejumlah media sosial. Beberapa akun medsos mengunggah rekaman video kejadian puting beliung itu.

Pihak BPBD mencatat laporan sejumlah rumah rusak terdampak puting beliung tersebut. Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Pemkab Klaten, Sri Yuwana Haris Yuliyanta, mengatakan dampak puting beliung itu dilaporkan di Kecamatan Karanganom.

“Laporan sementara ada delapan rumah rusak. Di Desa Padas, Kecamatan Karanganom dan sudah ditangani,” kata Haris saat dikonfirmasi, Jumat (29/1/2021).

“Penyebabnya puting beliung, menurut laporan kades kejadian betul sekitar jam 16.00 WIB,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, pusaran angin di langit itu mulai terlihat sekitar pukul 14.15 WIB, saat wilayah bagian barat laut arah Kecamatan Karanganom atau Jatinom mendung pekat. Pusaran angin berbentuk menyerupai segitiga terbalik itu berwarna putih sehingga kontras dengan mendung.

“Tadi yang melihat pertama tetangga saat sedang di pos ronda. Karena takut lalu pulang semua,” ujar Titin, warga Desa Kahuman, Kecamatan Ngawen, Klaten, yang juga melihat puting beliung tersebut.

Menurutnya, putaran angin itu terlihat jelas di langit. Beberapa waktu kemudian turun hujan.”Terlihat jelas sebab sebelum hujan. Setelah hilang baru turun hujan tetapi tidak ada angin di daerah saya,” tuturnya. (dtc/dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here