Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah di Tiga Desa Wanasari Brebes Rusak

Puting beliung rusak puluhan rumah di Brebes. Foto : detikcom.

Brebes (Sigi Jateng) – Tiga desa di Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah diterjang angin puting beliung. Akibatnya, puluhan rumah warga diketahui rusak.

“Tiga desa di Kecamatan Wanasari yang terdampak angin puting beliung adalah Desa Sigentong, Tanjungsari, sama Sawojajar. Kebanyakan atap rumah yang rusak,” kata Nurudin, Camat Wanasari, kepada wartawan, Jumat (26/2/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Aparat desa masih mendata kerusakan akibat angin puting beliung yang terjadi pada sekitar pukul 04.00 WIB pagi tadi.

“Intinya, supaya diupayakan langsung perbaikan. Dari masing-masing desa agar menggunakan dana darurat bencana alam,” kata dia.

“Data sementara puluhan rumah yang rusak. Tapi ini masih pendataan di lapangan,” sambung Nurudin.

Sementara itu, dari penuturan salah seorang warga yang rumahnya rusak di desa itu yakni Vera (36). Dapur di rumah Vera roboh, beton penyangga atapnya runtuh akibat diterjang puting beliung.

“Angin sangat kencang disertai hujan sampai dapur rumah ambruk. Terus dinding batu bata juga melengkung dan membahayakan karena sewaktu-waktu bisa ambruk,” tutur Vera.

Diungkapkan Sa’ali (46) warga Desa Sigentong jika bagian depan rumahnya ambruk karena angin puting beliung. Selain itu, atap rumahnya terbang terbawa angin hingga puluhan meter. “Bahkan ada bagian atap yang nyangkut di atas pohon asem terbawa angin,” ungkap Sa’ali. (dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini