Diduga Ilegal, Bareskrim Polri Gerebek Penambangan Galian C di Lereng Merapi Klaten. Benarkah Demikian?

Bareskrim Polri dikabarkan menggerebek lokasi penambangan galian C di lereng Gunung Merapi Klaten, Jumat (5/3/2021).. Foto : Istimewa

Klaten (Sigi Jateng) – Sebuah lokasi penambangan galian C yang berada di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Klaten, dikabarkan menjadi sasaran penggerebekan jajaran Bareskrim Polri, pada Jumat (5/3/2021) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kuat dugaan, penggerebekan tersebut terkait penelusuran perizinan penambangan galian C di lereng Gunung Merapi. Sebagaimana dilansir Solopos.com, berdasarkan informasi jajaran Bareskrim Polri datang ke lokasi penambangan galian C di kawasan perbatasan Tlogowatu, Kemalang (Klaten)-Jemowo, Tamansari (Boyolali).

Di lokasi tersebut, polisi juga sempat membetangkan police line. Selain di Tlogowatu, jajaran Bareskrim Polri juga “bergerak” ke Bandungan, Jatinom.

“Kemarin ada penggerebekan di lokasi tambang [galian C] di Tlogowatu. Selain itu, ada beberapa titik lainnya. Dugaannya terkait perizinan. Selain Tlogowatu, ada di Bandungan juga,” kata sumber yang enggan disebut namanya, seperti dikutip solopos.com pada Sabtu (6/3/2021).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Suprat Widoyo, mengaku tidak mengetahui secara detail atas kedatangan anggota Bareskrim Polri ke wilayahnya tersebut.

Meski seperti itu, kabar kedatangan aparat polisi di wilayahnya tersebut untuk menggerebek penambangan galian C sudah menyebar di beberapa warga di Tlogowatu.

“Saya tahunya, Jumat [5/3/2021] malam. Itu pun tahunya dari warga. Di malam itu juga, saya sempat melihat truk trailer naik. Tapi, saya enggak tahu apakah ada kaitannya dengan penelusuran polisi itu. Selama ini, pemdes memang jarang dikasih tahu ketika ada polisi yang melakukan penggerebekan. Di tahun 2020, di lokasi kami ada satu penggerebakan yang dilakukan polisi,” jelas dia.

Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Andriansyah Rithas Hasibuan, belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait kabar penggerebekan penambangan galian C yang dilakukan jajaran Bareskrim Polri ke Tlogowatu dan Bandungan.

“Belum ada info. Coba, nanti saya cek terlebih dahulu,” kata AKP Andriansyah Rithas Hasibuan, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, Jumat malam.

Hingga berita ini diturunkan, dari pihak pejabat polisi belum ada yang memastikan terkait kebenaran informasi mengenai penggerebekan penambangan galian C di lereng Gunung Merapi tersebut. (Spc/dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini