Cetak Atlet Berprestasi, NPCI Blora Berharap Adanya Dana Hibah Tahunan dari Pemkab

Rapat koordinasi NPCI Blora bersama Komisi D DPRD Blora, Sabtu (27/11/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Meski baru dibentuk 2018, namun prestasi National Paralympic Comitte Indonesia (NPCI) Kabupaten Blora luar biasa. NPCI Blora telah banyak menelurkan atlet-atlet berprestasi di kancah nasional. Terakhir atlet NPCI Blora berhasil menyumbangkan medali emas dalam ajang Pepernas XVI Papua 2021. 

Ketua NPCI Kabupaten Blora, Sriyono Abdul Qohar pun berharap agar Pemkab Blora memberikan dana hibah rutin agar NPCI Blora bisa terus mengikuti kompetisi tahunan. 

“Karena saat ini kita baru dapat 2 tahun sekali. Di Perbubnya tidak muncul,” kata Sriyono di sela-sela tasyakuran prestasi atlet peraih medali emas Peparnas XVI Papua di sekretariat NPCI,” Sabtu (27/11/2021). 

Sriyono khawatir jika dana hibah hanya diberikan 2 tahun sekali, NPCI Blora tidak bisa mengikuti kejuaran NPCI Jateng yang rutin digelar setiap tahunnya. 

“Dampaknya kita akan selalu vakum turnamen, karena tidak ada anggaran. Seperti tahun depan ini, kita tidak ada hibah, ya terpaksa tidak bisa berkompetisi maupun ikut pelatihan kegiatan di NPCI Jateng,” paparnya. 

Padahal, Kata Sriyono, banyak atlet NPCI Blora yang sudah terbukti meraih prestasi membanggakan Kabupaten Blora. 

“Kita dibentuk 2018, waktu itu ada ajang Peparprov Jateng III, kita sempat gak bisa ikut karena gak ada anggaran. Lalu kita audiensi dengan KONI dan Dinporabudpar, dapat 50 juta dari KONI. Alkamdulillah dengan anggaran itu, kita mampu meraih 2 Emas, 3 perak dan 3 perunggu. Terbaru Peparnas kemarin kita bisa dapat 1 emas,” ucapnya. 

Ketua Komisi D DPRD Blora, Ahmad Habib Hilmi berjanji akan mengupayakan dana hibah tahunan bagi NPCI. Mengingat banyak prestasi atlet yang telah mengharumkan nama baik lora. 

“Kalau ini memang hukumnya sangat wajib. Ini akan saya sampaikan ke Bupati. Apalagi ini sudah tingkat nasional. Suatu keharusan bagaimana pemerintah memperjuangkan apresiasi yang kontinyu. Doakan saja, ini akan saya sampaikan ke Bupati, karena memang daerah lain sudah,” jelas Labib saat datang ke sekretaris NPCI langsung. 

Selain Labib, hadir pula anggota Komisi D DPRD Blora, seperti Supriedi, Anif Mahmudi, 

Jariman, serta Siti Rohmah. 

Labib mengungkapkan apresiasi terhadap atlet berprestasi mestinya bukan temporer. Namun lebih kontinyu.

“Kalau sesaat itu hanya nilai, tapi tidak seterusnya. Mestinya kontinyu, bagaiman kita memikirkan sekoahnya, pekerjaannya ketika sudah tidak lagi jadi atlet. Itu agar memotivasi atlet lain untuk mengharumkan nama Blora,” jelasnya. (Agung)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here