Cendekia FPMIPATI UPGRIS Kenalkan NVIVO 11 di Surabaya

Suasana kegiatan Program Pengembangan Usaha Intelektual Kampus (PPUPIK) Cendekia yang diikuti oleh mahasiswa UPGRIS di Surabaya. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) kenalkan NVivo 11 melalui Program Pengembangan Usaha Intelektual Kampus (PPUPIK) Cendekia.

Kegiatan yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemendikbud-Ristek, dampingi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana dalam pelatihan analisis data penelitian kualitatif menggunakan NVivo 11.

Kegiatan dilaksanakan baru-baru ini dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat selama 3 hari di Hotel Sofia Juanda-Surabaya. Jumlah peserta yang hadir dalam pelatihan sebanyak 128 mahasiswa.
Pelatihan dilaksanakan secara interaktif serta didampingi langsung oleh dua pemateri dari dua dosen FPMIPATI UPGRIS.

Dua pemateri yang hadir diantaranya Dr Muhtarom MPd dan Sutrisno MPd. Pelatihan analisa data penelitian kualitatif dengan menggunakan software NVivo 11.

“Kegiatan ini sangat diperlukan penggunaannya bagi mahasiswa yang berencana atau sedang memprogram Tugas Akhir. Nvivo memiliki cukup banyak kelebihan dalam melakukan olah data kualitatif. Pertama, dari segi bahan literatur untuk diolah. Setidaknya hampir semua data kualitatif dapat diolah menggunakan Nvivo baik itu berbentuk digital maupun cetak” tutur Muhtarom.

Selain Muhtarom, hadir juga Sutrisno MPd menyampaikan materi di hadapan ratusan peserta. Mahasiswa benar-benar memahami proses import data, membuat node (coding), penarikan kesimpulan yang menjadi bagian hasil yang sudah dikelompokkan.

“Data-data yang sudah diklasifikasikan kemudian dapat diolah dengan menggunakan fitur Query, Explore & Analyze. Dalam fitur-fitur ini sangat membantu penelitian dalam analisis data penelitian kualitatif dan analisis keabsahan data penelitian kualitatif. Hasil uji t-test berpasangan pada data pre-post test pelatihan NVivo menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman peserta dalam analisis data penelitian kualitatif,” ujar Trisno.

Shalsa Ramadhania mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya berterima kasih telah diberi kesempatan mengikuti pelatihan menggunakan NVivo 11.

“Kegiatan yang sangat langka dan bermanfaat bagi saya kelak di semester akhir dalam menyusun skripsi. Sebab, kesulitan kami selama dalam mengolah data terlalu rumit. Dengan adanya software NVivo 11 kami lebih dipermudah. Waktu pengerjaannya lebih ringkas dan mudah,” ucap Shalsa.

Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Yunia Dwie Nurcahyani ST MT menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi terhadap UPGRIS. Khususnya Dr Muhtarom dan Sutrisno MPd dari FPMIPATI UPGRIS yang berkenan hadir untuk memberikan pelatihan NVivo 11.

“Hal ini merupakan sebuah temuan baru dan teknik baru dalam mengolah data. Selam ini pengolahan masih bersifat manual dan lama. Tapi dengan adanya NVivo 11 kinerja mahasiswa atau akademisi dalam mengolah data lebih sederhana dan ringkas,” imbuh Yunia. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini