Cek Peningkatan Jalan Semarang-Purwodadi, Ganjar Kaget Tidak Ada Selokan di Sisi Jalan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat cek pembangunan jalan di Karangawen Demak, Selasa (20/4/2021). ( foto humas pemprov jateng)

DEMAK (Sigi Jateng) – Perjalanan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ke lokasi wisata Api Abadi Mrapen Godong Grobogan Selasa (20/4/2021) sempat terhenti di beberapa titik. Setelah berhenti di proyek flayover Ganefo Mranggen, Ganjar berhenti menengok proyek peningkatan jalan di Karangawen Demak.

Salah satu hal yang menjadi perhatian Ganjar adalah selokan. Ia meminta Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya, Hanung Triyono selalu mempertimbangkan selokan setiap melakukan perbaikan jalan.

“Ini kok tidak ada selokannya, nanti air ke jalan, kan jalannya rusak lagi,” tanya Ganjar.

Kadinas PUBMCK, Hanung mengatakan bahwa di seberang jalan sudah ada selokan. Ganjar pun langsung menuju ke sisi seberang jalan untuk melihat kondisi selokan itu.

Ternyata, selokan tersebut tidak berfungsi optimal. Sedimentasi cukup tinggi dan di atas selokan banyak berdiri bangunan warga. Akibatnya, hampir sebagian besar bagian atas selokan dicor untuk keperluan parkir atau jembatan menuju rumah.

“Coba dilihat, ini kan tidak optimal. Ini kalau atasnya dicor seperti ini, kalau mampet mau membersihkan kan sulit,” tegasnya.

Ganjar meminta Hanung untuk menyelesaikan persoalan itu. Jika memang harus ditutup, maka penutupan selokan tidak boleh permanen.

“Coba dicari ahlinya, bagaimana bisa menyelesaikan persoalan ini. Sambil terus edukasi warga,” terangnya.

Ganjar juga akan mengajak bicara Bupati/Wali Kota terkait hal ini. Ia meminta ada aturan khusus erkait penanganan saluran.

“Nanti saya juga akan komunikasi dengan Bupati/Wali Kota untuk membuat aturan terkait saluran air ini. Syaratnya apa yang harus ada jika akan menutup saluran air, apakah harus ada yang bisa dibuka dan sebagainya. Ini harus dilakukan karena tekanan global dari cuaca ini sangat luar biasa,” tutupnya. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini