Cegah Klaster Covid-19 di Lingkungan Pasar, Posko Pasar Sehat ini Jadi Percontohan Daerah Lain

Bupati Dico M Ganinduto bersama Kapolres, Dandim 0715 Kendal Letkol Inf. Imam Widhiarto saat memonitor pelaksanaan Posko Pasat Sehat di Pasar Pagi Kaliwungu, Kamis (05/8/2021).

Kendal (Sigi Jateng) – Guna mengendalikan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan pasar tradisional, setiap pasar akan dimaksimalkan dengan didirikan posko pasar sehat dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pelaksanaaan pasar sehat di seluruh Kabupaten Kendal tersebut nantinya akan dijadikan sebagai percontohan bagi daerah lain. Salah satunya yang sudah berjalan yakni di pasar pagi Kaliwungu Kendal.

Bupati Dico M Ganinduto memastikan adanya posko pasar sehat tersebut nantinya kegiatan di pasar tradisional berjalan lancar dan tidak ada klaster baru. Satu posko utama disiapkan untuk melayani pemeriksaan kesehatan dan pelayanan rapid antigen serta vaksin.

“Posko pasar sehat ini menjadi percontohan, saya ingin memastikan kegiatan di pasar berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” katanya.

Menurutnya, posko yang sudah ada di sejumlah pasar tradisional ini akan terus ditingkatkan, dan menambah jumlah petugas mengingat pasar tidak hanya ada satu pintu masuk. Di setiap pintu masuk akan dijaga petugas gabungan untuk memeriksa pedangan dan pembeli yang datang.

“Tiap pintu masuk dijaga dan diperiksa dengan kerjasama berbagai pihak, baik paguyuban dan organisasi kemasyarakatan yang ada. Sebab jika hanya menerapkan satu pintu justru akan menimbulkan kerumunan,” tutur Dico.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Pagi Kaliwungu , Faisal Mukri mengatakan seluruh akses pintu masuk akan dijaga petugas gabungan. “Kita akan jaga bersama paguyuban dan organisasi kemasyarakatan. Sebab jika hanya mengandalkan petugas keamanan dari TNI dan Polri tidak memungkinkan,” ucapnya.

Saat ini, pihaknya masih menunggu kordinasi dengan pemerintah daerah, Polres Kendal dan Kodim 0715 Kendal untuk pelaksanaan di lapangan. Termasuk syarat agar pedagang dan pembeli yang akan masuk pasar harus menunjukan kartu vaksin minimal dosis pertama.

Diketahui, jika di Posko Pasar Sehat Pasar Pagi Kaliwungu sendiri sudah ada kerjasama yang baik dengan organisasi masyarakat. Yakni mengerahkan petugas kesehatan dari RS Darul Istiqomah Kaliwungu dan bersinergi dengan PSHT ranting Kaliwungu Cabang Kendal. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here