Cegah Covid-19 Varian Omicron, WNA dari 11 Negara Akan Dideportasi jika Nekat Masuk RI

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Foto : Istimewa

Tangerang (Sigi Jateng) –  Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta, Darmawali Handoko, Senin (29/11/2021), menyatakan warga negara asing (WNA) dari 11 negara yang nekat masuk Indonesia akan dideportasi.

Langkah ini merupakan upaya mencegah masuknya Covid-19 varian Omicron ke Tanah Air. Kesebelas negara tersebut adalah Afrika Selatan, Lesotho, Eswatini, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Mozambique, Malawi, Zambia, Angola, dan Hong Kong.

Kebijakan tersebut sejalan dengan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi yang ditandatangani Kepala Satgas Penanganan Covid-19 dan Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto, Senin, (29/11/2021).

“Kami sudah bersiap dengan adanya SE yang baru ini. Kami bersama pihak Imigrasi akan melakukan pemantauan ketat terhadap masuknya WNA atau warga negara Indonesia dari 11 negara yang ditetapkan pemerintah,” katanya.

Namun, WNI yang datang dari 11 negara tersebut tetap diizinkan masuk Indonesia, tetapi harus memenuhi beberapa persyaratan.

“Kalau untuk WNI yang baru datang dari 11 negara tersebut masih bisa kita perkenankan masuk ke Indonesia. Namun, mereka wajib menjalani pemeriksaan ketat berupa swab PCR dan menjalani karantina selama 14 hari,” terangnya.

“Jika memang ada yang positif, kami akan kirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan untuk genome sequencing dan wajib dikarantina sampai dinyatakan negatif,” sambung Suharyanto menegaskan. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here