Bupati Ingin Operasional Mal Pelayanan Publik Blora Diisi SDM Pilihan

Bupati Blora pimpin rapat persiapan pembukaan MPP, Jumat (16/4/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Persiapan pembukaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Blora sebagai pusat pelayanan masyarakat yang terpusat terus dipantau Bupati H. Arief Rohman.

Bupati dengan didampingi Sekda mengundang seluruh OPD dan stakeholder terkait untuk memantau perkembangan terkini.

Tidak hanya OPD lingkup Pemkab Blora, namun juga mengundang instansi vertikal, dan OPD Jawa Tengah yang akan diajak bergabung untuk membuka layanan di MPP, serta BUMD dan perbankan.

Bertempat di ruang Pertemuan Setda Blora, Bupati menginginkan agar kedepan MPP Blora yang akan menempati Gedung Konco Tani (eks Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan) ini bisa diisi oleh SDM yang terbaik dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“PR kita selain menghadirkan pelayanan yang mudah, cepat dan murah, namun juga ramah. Keramahan dan kesantunan dalam pelayanan ini harus menjadi prioritas. Masih ada laporan bahwa beberapa oknum di perizinan selalu mempersulit dan kurang ramah. Kami minta kedepan harus diperbaiki,” ungkap Bupati, Jumat (16/4/2021).

Bupati meminta agar orang-orang yang akan ditempatkan di loket pelayanan di MPP nantinya merupakan SDM pilihan.

“Masing-masing OPD bisa menempatkan SDM terbaiknya agar bisa memberikan pelayanan prima. Tolong ini dijadikan catatan. Jangan sampai ada lagi keluhan dari masyarakat,” tegas Bupati.

Selanjutnya Bupati juga ingin ada pembukaan loket pelayanan SIM, SKCK, dan lainnya di MPP kerjasama dengan Polres Blora. Pihaknya meminta OPD terkait bisa segera menyusun naskah kerjasamanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Drs. Purwanto, MM, menerangkan bahwa pihaknya hingga kini terus mengebut pengerjaan interior, jaringan dan fasilitas MPP di Gedung Konco Tani.

“Pengerjaan penataan tempat kami targetkan selesai tanggal 20 April ini. Saat ini pemindahan barang sudah 85 persen, pembongkaran sekat ruangan lama sudah selesai, renovasi sudah 60 persen, dan penataan jaringan listrik serta internet terus dikebut. Untuk regulasi dan kerjasama dengan stakeholder lainnya rencana akan dilaksanakan awal Mei. Grand launching akan dilakukan Menteri PAN-RB 3 Juni 2021,” ungkap Purwanto.

Adapun Kepala Bagian Pemerintahan Setda Blora, Kiswoyo, mengatakan bahwa selain intern OPD Pemkab, pihaknya juga telah menjalin komunikasi dengan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Blora.

“Setidaknya ada 14 instansi atau lembaga yang akan ikut membuka stan pelayanan di MPP. Diantaranya Bank Jateng, Bank BRI, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, KPP Pratama, Samsat, DPMPTSP Jawa Tengah, Imigrasi Pati, Kemenag, PLN Blora dan PLN Cepu, Kantor POS, Polres Blora, PDAM Blora, dan Kejaksaan,” jelas Kiswoyo.

Sedangkan Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si, menanggapi keinginan Bupati agar bisa menempatkan SDM terbaik di MPP. Pihaknya menyarankan agar DPMPTSP sebagai leading sektor penyelenggaraan MPP ini bisa mengumpulkan SDM terbaik dari masing-masing OPD/Dinas/Lembaga untuk diberikan bimbingan.

“Dikumpulkan, bisa diberikan pelatihan soft skill agar nantinya bisa tampil memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ucap Sekda.

Sekda juga ingin agar kedatangan Menteri PAN-RB nantinya tidak hanya meresmikan gedung operasional MPP saja namun juga ada mobil operasional MPP untuk pelayanan keliling.

“Kemudian kalau bisa sepekan sebelum lebaran, bisa dilakukan penandatanganan kerjasama tadi secara serentak bersama-sama di Pendopo Rumah Dinas Bupati sebagai tanda atau pembuktian kepada masyarakat bahwa MPP ini sudah siap dilaksanakan, sembari menunggu launching resmi dari Pak Menteri PAN-RB,” sambung Sekda. (Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini