Bupati Haryanto Ingatkan Masyarakat Tidak Euforia, Meski Ada Pelonggaran di PPKM Level 2

Bupati Pati Haryanto. Foto : Istimewa

Pati (Sigi Jateng) – Bupati Pati Haryanto meminta masyarakat tidak euforia dengan penurunan level PPKM dari level 3 menjadi level 2. Protokol kesehatan (prokes) harus dijalankan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami minta masyarakat tetap hati-hati karena pandemi Covid-19 masih ada. Semuanya harus mengikuti ketentuan dan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta kurangi mobilitas harus tetap dilaksanakan dengan ketat,” kata dia, Rabu (1/9/2021).

Ia khawatir jika euforia berlebihan justru bisa berdampak kelengahan masyarakat terhadap pentingnya menerapkan prokes. Sebab PPKM level 2 ini memiliki konsekuensi adanya pelonggaran dalam beberapa aspek kegiatan masyarakat.

“Jika terlena, akan kembali seperti sebelumnya mencari rumah sakit untuk rawat inap saja sulit, akhirnya banyak yang meninggal,” ujarnya.

Kelonggaran yang diberikan, di antaranya yang sebelumnya nikah hanya boleh ijab di KUA, kini diperbolehkan di rumah dengan jumlah tamu dibatasi 50 orang. Sedangkan tempat ibadah yang sebelumnya dibatasi 50 persen, sekarang 75 persen.

Untuk pendidikan juga mulai dipersiapkan uji coba pembelajaran tatap muka. Sementara pentas seni dan budaya sudah dapat dilaksanakan di gedung secara terbatas, sedangkan pihak-pihak yang terlibat juga harus sudah vaksin.

Sedangkan pentas di tempat terbuka belum diperbolehkan. “Kalau tempat wisata yang buka baru Jolong dan Gunungrowo, yang lain belum. Tentunya bertahap walaupun sudah level 2, supaya terkendali,” ucapnya.

Terkait aturan jam malam juga mengalami pelonggaran, jika sebelumnya pedagang kaki lima dan pertokoan dibatasi jam operasinya hingga pukul 20.00 WIB, kini hingga pukul 21.00 WIB. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here