Bupati Dico Sebut Kerajinan Anyaman Bumdes Protomulyo Masuk Kualitas Ekspor, Begini Harapannya Kedepan

BumDes Mulyo Mandiri Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan menggelar pelatihan keterampilan menganyam.

Kendal (Sigi Jateng) – Berdayakan potensi masyarakat, BumDes Mulyo Mandiri Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan menggelar pelatihan keterampilan menganyam. Puluhan warga baik laki-laki maupun perempuan nampak serius mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua BUMDES Mulyo Mandiri Desa Protomulyo Misbakhun mengatakan, pelatihan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa Protomulyo dengan PT. Inizio Kaliwungu yang bergerak di bidang pembuatan anyaman.

“Seperti tempat lampu, kursi, meja, tas, topi, dan masih banyak lagi lainnya dengan menggunakan bahan baku seperti rotan, aluminium, dan plastik sintetis,”kata dia.

“Nantinya para peserta pelatihan akan difasilitasi alat untuk dapat memproduksi anyaman di rumahnya masing-masing. Sehingga, masyarakat akan mendapatkan ekonomi tambahan,” sambung Misbakhun.

Kerajinan karya warga Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan tersebut juga mendapat perhatian dari Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan istrinya Wynne Chacha Frederica. Bahkan, membuat kagum dan terkesima.

Bupati Dico M Ganinduto meminta dinas terkait agar melakukan pendampingan kepada Bumdes Mulyo Mandiri. “Iya ini baru kali pertama saya mengunjungi pengrajin anyaman di Desa Protomulyo yang dikelola oleh Bumdes. Hasilnya sangat baik sekali dan kualitas ekspor,” tuturnya.

“Saya berharap ini bisa menjadi produk unggulan di Kabupaten Kendal. Untuk itu dinas terkait agar terus melakukan pendampingan,” lanjut Dico saat mengunjungi pelatihan keterampilan menganyam yang dilaksanakan Bumdes di Balai Desa Protomulyo, Minggu (21/03/2021).

Menurutnya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu adanya kolaborasi dengan stakeholder. Serta melibatkan banyak masyarakat sekitar, dengan harapan bisa menjadi produk yang membanggakan bagi Kendal kedepannya.

“Saya sudah membicarakan hal ini dengan stakeholder. Untuk itu perlu kolaborasi yang baik agar produk ini menjadi unggulan membanggakan di Kendal kedepannya,” kata Dico.

Sebagaimana diketahui, Wynne Frederica Dico juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kendal sekaligus menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kabupaten Kendal.

Dalam kunjungannya di Bumdes Mulyo Mandiri, Bupati Dico juga didampingi Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal, Kun Cahyadi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Wahyu Hidayat. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini