Bupati dan Wakil Bupati Grobogan Dilantik Hari Ini Bersama 39 Kepala Daerah Lain di Indonesia

Pasangan bupati dan wakil bupati Grobogan Sri Sumarni dan Bambang Pudjianto yang dilantil hari ini.( foto dok)

SEMARANG ( Sigijateng.id ) – Pelantikan kepala daerah tahap kedua dilakukan hari ini, Senin (26/4/2021). Ada 40 pasangan kepala daerah yang dilantik hari ini.

“Hari ini pelantikan kepala daerah tahap kedua hasil Pilkada Serentak 2020. Pelantikan hari ini akan diikuti oleh 40 daerah,” kata Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan kepada wartawan, Senin (26/4/2021).

Dikatakan Benni, pelantikan diikuti 35 bupati dan wakil bupati, serta 5 pasangan wali kota dan wakil wali kota.

“Terdiri atas 39 daerah hasil Pilkada 2020 (35 Kabupaten dan 4 Kota). Ada tambahan 1, yaitu Kota Binjai, Wakil Wali Kota-nya dilantik menjadi Wali Kota karena Wali Kota-nya meninggal sebelum pelantikan pada Februari lalu,” tutur dia.

Pelantikan ini akan dipimpin gubernur atau penjabat gubernur di provinsi masing-masing.

Pelantikan hari ini diikuti Kabupaten Samosir, Kabupaten Karo, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, dan Kabupaten Gunung Sitoli di Sumatera Utara.

Kemudian, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan di Sumatera Barat. Kabupaten Karimun, Riau; Kabupaten Pelawan, Riau; Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi; Kabupaten Pesisir Barat, Lampung; Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung.

Selain itu, pelantikan juga diikuti Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat; Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah; Kabupaten Pacitan, Jawa Timur; Kabupaten Pandeglang, Banten; dan Kabupaten Sumbawa, NTB.

Pelantikan juga dilakukan di Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Malaka di NTT, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat dan Kabupaten Kotabatu, Kalimantan Selatan.

Kemudian, ada Kabupaten Bontang dan Kabupaten Kutai Barat di Kalimantan Timur. Lalu Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara; Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah; Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan; serta Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Konawe Utara di Sulawesi Tenggara.

Selain itu, pelantikan juga dilakukan kepala daerah di Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku; Kabupaten Ternate, Maluku Utara; Kabupaten Yahukimo, Papua; serta Kabupaten Fakfak, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabuoaten Kaimana, Papua Barat.

Pelantikan juga dilakukan di Kabupaten Bandung di mana pasangan Dadang-Sahrul Gunawan menjadi pemenangnya. Kemudian, Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ihsan juga akan dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan dalam pelantikan hari ini.

Sebelumnya, KPU Grobogan Jawa Tengah menetapkan pasangan calon terpilih Sri Sumarni – Bambang Pudjianto menjadi bupati dan wakil bupati Grobogan periode 2021-2024. Penetapan tersebut digelar pada saat rapat pleno terbuka yang dilaksanakan di aula KPU setempat, (21/1/2021).

Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo menjelaskan dari hasil rekapitulasi pasangan Sri – Bambang memperoleh 692.239 suara atau 84,48 persen. Sri – Bambang adalah calon tunggal pada Pilkada Grobogan 2020.

“Hasil rekapitulasi suara pasangan sri – Bambang mendapat suara terbanyak dengan perolehan 84,48 persen dan tadi sudah dilakukan penetapan pasangan terpilih yang disaksikan oleh Bawaslu, dan juga partai pengusung maupun pendukung” jelas Agung.

Sementara itu calon terpilih yang sekaligus menjabat Bupati Grobogan, Sri Sumarni didampingi calon wakil Bupati, Bambang pudjianto, akan bertekad mewujudkan Grobogan yang lebih hebat lagi.
“yang pasti kami terus bertekad untuk mewujudkan Grobogan yang lebih baik lagi dan yang lebih hebat lagi dan kami tidak mempunyai target 100 hari harus apa namun yang pasti kita harus terus bekerja, bekerja dan bekerja” tegas Sri Sumarni menjawab pertanyaan wartawan. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini