Buka Pelatihan Kepemimpinan Dasar PAC GP Ansor, Begini Pesan Bupati Dico ke Kader Ansor

Bupati Kendal, Dico Mahtado Ganinduto menghadiri kegiatan PKD di SMK NU 03 Kaliwungu, Minggu (28/02/2021). (Foto: Istimewa)

Kendal (Sigi Jateng) – Sebanyak 50 orang perwakilan ranting kader ansor mengikuti pelatihan kepemimpinan dasar (PKD) PAC GP Ansor Kaliwungu yang digelar di Aula SMK NU 03 Kaliwungu Minggu (28/02/2021).

Ketua PAC GP Ansor Kaliwungu, Ali Nurudin mengatakan kegiatan PKD ini diikuti sebanyak 50 orang peserta. Terdiri dari perwakilan utusan dari sembilan ranting di sembilan desa yang ada di Kaliwungu. “PKD merupakan pendidikan kader yang harus ditempuh dalam jenjang perkaderan di GP Ansor,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto juga berkesempatan turut hadir dalam acara pembukaan PKD PAC GP Ansor Kaliwungu yang di gelar di Aula SMK NU 03 Kaliwungu pada Minggu (28/2) tersebut.

Bupati Dico mengatakan sebagai badan otonom Nahdlatul Ulama, Gerakan Pemuda (GP) Ansor harus bisa menjadi teladan. Baik dalam menjaga kebhinekaan maupun kebangkitan ekonomi.

“Kebhinekaan itu penting agar NKRI tetap terjaga. Banser harus menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI. Di samping tugasnya untuk menjaga para ulama dan kiai,” kata Dico saat membuka acara Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) PAC GP Ansor Kaliwungu.

Dico berharap GP Ansor juga harus menjadi teladan dalam peningkatan ekonomi. Sehingga mandiri secara ekonomi agar organisasi bisa kuat dari tingkatan ranting sampai pusat.

“Saat sekarang ini banyak pemuda berlomba-lomba mencari pekerjaan, maka GP Ansor harus berpikir dan bertindak bagaimana bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” harapnya.

Salah satunya dengan menumbuhkan UMKM di tingkat desa. Dikatakan Bupati Dico, jika UMKM di kabupaten Kendal memiliki potensi yang luar biasa. “Untuk itu, produk UMKM di Kendal harus diperbaiki kualitasnya, agar bisa dikenal di seluruh nusantara,” tutur suami Chaca Frederica ini.

Untuk memberikan kemanfaatan bagi warga NU di Kendal, Bupati Dico yang juga diketahui sebagai kader GP Ansor tersebut rencananya akan memberikan program bagi GP Ansor Kendal terutama dalam bidang kewirausahaan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PC GP Ansor Kendal, Misbachul Munir mengaku senang Kendal dipimpin oleh kader Ansor. Dirinya berharap, kehadiran Bupati Dico M Ganinduto bisa memberikan semangat bagi kader-kader Ansor di Kaliwungu. “Kaliwungu menuju 2.000 kader Banser harus bisa sukses,” tandasnya. (dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini