Bertolak ke Brebes, Gubernur Ganjar Cek Vaksinasi Sekaligus Beri Instruksi Khusus Penanganan Covid-19

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat meninjau proses vaksinasi bagi guru dan tenaga kependidikan di SMPN 2 Brebes, Kamis (10/6/2021). Foto : Istimewa

Brebes (Sigi Jateng)- Pandemi Covid-19 belum berakhir. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terus berupaya memperhatikan dan memastikan daerah lain yang masuk zona merah. Terlebih dalam upaya mencegah penyebaran dan penanganan virus Corona tersebut.

Ganjar pernah menyebut sebanyak 8 wilayah di Jawa Tengah menjadi zona merah kasus covid-19. Tak hanya di pantura timur Kudus yang menjadi sorotan pemerintah. Di Brebes misalnya. Dalam beberapa minggu terakhir, terjadi lonjakan kasus corona di daerah paling barat Jawa Tengah itu.

Akhirnya, Ganjar bertolak ke Brebes untuk memastikan dalam penanganan Covid-19 di kabupaten itu berjalan dengan benar, Kamis (10/6/2021). Selain meninjau proses vaksinasi bagi guru dan tenaga kependidikan di SMPN 2 Brebes.

Dia juga meninjau pelaksanaan PPKM mikro di Desa Krasak, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Dalam kunjungannya, Ganjar memberikan instruksi khusus terkait penanganan Covid-19.

“Ada 8 Kabupaten/Kota di Jateng yang jadi pengawasan kita, termasuk Brebes ini. Maka hari ini saya ketemu Forkompimda Brebes saya minta penerapan protokol kesehatan tidak boleh berhenti,” kata Ganjar didampingi Wakil Bupati Brebes, Narjo dan jajaran Forkompimda.

Selain itu, Ganjar menegaskan upaya tracing dan testing di Kabupaten Brebes agar digenjot. Tidak boleh berhenti hanya demi citra politik. “Termasuk operasi justisi harus ditingkatkan. Kegiatan keramaian tidak boleh diizinkan dulu,” tegasnya.

Ia meminta Pemkab Brebes menghitung betul Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit. Harus ada penambahan tempat tidur baik ICU ataupun isolasi di rumah sakit, termasuk menyediakan tempat isolasi terpusat.

“Bisa gunakan beberapa sekolah yang tidak terpakai, agar kalau terjadi situasi mengkhawatirkan semuanya siap dan tidak panik. Dan kalau merasa berat, harus komunikasi dengan daerah tetangga dan juga kami di Pemprov Jateng. Pasti kita semua bantu,” ucapnya.

“Terima kasih bagi guru-guru yang sudah divaksin sebagai persiapan PTM. Tapi kalau nanti zonanya masih merah, titip ya pak wakil (Narjo), jangan izinkan dulu. Gunakan data epidemologi sesuai PPKM mikronya,” imbuh Ganjar.

Sementara itu, Wakil Bupati Brebes, Narjo mengatakan siap menindaklanjuti instruksi khusus yang diberikan Ganjar. Terkait penambahan tempat tidur di rumah sakit dan tempat isolasi terpusat, Narjo menegaskan siap.“Siap Pak Gub, nanti kita laksanakan,” kata dia. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini