Bersama Abah Santri, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Podcast Peran Walisongo

KENDAL (Sigijateng.id) – Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah (KKN-RDR) angkatan 77 tahun 2021 kelompok 65 UIN Walisongo Semarang sukses adakan podcast peran walisongo, Selasa, (12/10/2021) pukul 21.00 WIB.

Mengusung tema “Akulturasi Dakwah Walisongo di Tanah Jawa”, kegiatan ini dinarasumberi oleh Romo KH. R. Drs. Gigik Kusiaji atau yang akrab dipanggil Abah Santri Dzikrillah, pengasuh Pondok Pesantren Al-Islami As-Salafi dan pengasuh pusat jama’ah Al-Karomah Sukorejo Kendal.

Kegiatan diawali dengan sowan (silaturrahim) di kediaman Abah Santri yang bertempat di Sukorejo Kendal pada hari Jum’at, (8/10/2021). Beliau menyambut baik kehadiran Tim KKN RDR ke-77 UIN Walisongo Semarang.

Ahsanu Amala selaku penanggungjawab kegiatan podcast ini menyampaikan bahwasanya selain untuk menjalankan program kerja, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah ilmu, wawasan dan pengetahuan mengenai dakwah Walisongo lebih-lebih dalam hal pengakulturasian budaya yang dijadikan sebagai salah satu media untuk berdakwah.

“Podcast peran walisongo ini kita laksanakan untuk menyelesaikan program kerja. Selain itu, podcast ini juga bertujuan untuk menambah pengetahuan bagaimana Walisongo menjadikan budaya sebagai media berdakwah,” ujar Ahsan

Setelah silaturrahim, acara inti pemberian materi tentang Akulturasi Dakwah Walisongo di Tanah Jawa disampaikan pada hari Selasa, (12/10/2021) pukul 21.00 WIB dan disiarkan secara langsung di instagram milik KKN RDR kelompok 65. Diawali dengan penampilan rebana dan tarian sufi oleh para santri dan dihadiri oleh warga setempat menjadikan kegiatan berjalan lancar, meriah dan penuh khidmah.

Dalam penyampaiannya, beliau menjelaskan bahwa para walisongo tidak hanya ahli dibidang pendidikan dan agama tapi juga ahli dibidang ekonomi dan tatanegara. Selain itu, beliau menceritakan bagaimana tumpeng, ingkung (ayam), jajan pasar, wayang dan tarian menjadi media dakwah para Wali dengan cara pengakulturasian tradisi daerah setempat.

Setelah acara selesai, tim KKN bercengkrama dengan Abah Santri dan beliau memberikan sebuah catatan dewan dakwah para wali di Jawa mulai tahun 1404 M sampai dengan 1505 M.

Link youtube podcast Peran Walisongo : https://youtu.be/OgK_1beXlmg. (tim 65/asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here