Berlinang Air Mata Warga Warnai Penyembelihan Hewan Kurban Bantuan Jokowi di Dusun Terpencil

Warga Dusun/Desa Karanganyar, Geyer, Grobogan akhirnya bisa merasakan kurban setelah dapat bantuan seekor sapi dari Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)

Grobogan (Sigi Jateng) – Sejak puluhan tahun, warga yang tinggal di daerah terpencil di Dusun Karanganyar, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan baru kali pertama bisa merasakan penyembelihan hewan kurban. Warga bersuka cita karena tahun ini bisa menyembelih sapi kurban.

Mereka terharu, dusun yang ditinggali selama puluhan tahun akhirnya bisa ikut melaksanakan kurban. Hal itu setelah warga Dusun Karanganyar mendapatkan bantuan seekor sapi seberat satu ton dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa hari lalu.

Penyembelihan sapi kurban dari Presiden Jokowi di di Dusun/Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Rabu (21/7/2021).

Tangis haru mewarnai proses penyembelihan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (21/7/2021). Diketahui, dusun Karanganyar merupakan desa tertinggal yang mayoritas adalah warga miskin yang selama puluhan tahun tidak pernah bisa berkurban.

Warga tampak berlinang air mata ketika sapi kurban dari Presiden Jokowi mulai disembelih. “Sudah bertahun-tahun tidak bisa ikut kurban karena tidak ada dana untuk membeli hewan kurban,” kata Fatimah, salah seorang warga setempat.

Dia mengaku, selama ini ia bersama warga lainnya hanya memotong ayam peliharaan masing-masing sebagai pengganti kambing atau sapi kurban. Saat disembelih, sapi meronta dan warga sempat kesulitan menjinakkan. Usaha keras warga membuahkan hasil dan sapi bisa ditenangkan hingga akhirnya disembelih.

Menurut Mas’ud, Takmir Masjid Baitul Muslimin, Desa Karanganyar, penyembelihan hewan kurban tahun ini merupakan penyembelihan hewan kurban yang pertama kali di Desa Karanganyar sejak puluhan tahun lalu.

Sebelumnya, sebanyak 480 kepala keluarga di Dusun Karanganyar tidak ada yang bisa ikut atau mengeluarkan hewan kurban karena mayoritas mereka adalah warga miskin yang hanya mengandalkan hasil kebun untuk kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulillah saya atas nama takmir masjid saat telah menerima bantuan hewan kurban dari bapak Jokowi satu ekor sapi yang beratnya kurang lebih satu ton,” kata Mashud.

Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan, Desa Karanganyar memenuhi persyaratan untuk mendapatkan bantuan sapi kurban dari Presiden Jokowi. Dusun Karanganyar lolos survey Pemprov Jawa Tengah karena mayoritas penduduknya sangat miskin dan lokasinya di tempat terpencil.

Bupati berjanji akan membantu warga terpencil untuk bisa ikut melaksanakan pemotongan hewan kurban setiap tahun. Dengan demikian, tidak ada lagi warga yang tidak bisa menikmati daging kurban. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here