BEM UNNES Optimalisasi Pesona Alam Dusun Dawung Menjadi Rintisan Desa Wisata Mandiri Berbasis Eco-Geotourism

tim PHP2D ormawa BEM KM UNNES 2021 berfoto bersama (Dok. BEM UNNES)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Usai dinyatakan lolos dana hibah PHP2D (Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa), tim PHP2D ormawa BEM KM UNNES 2021 yang terdiri dari 15 mahasiswa berkoordinasi dengan perangkat desa dan masyarakat Dusun Dawung, Pringapus, Kota Ungaran untuk melaksanakan kegiatan. 

Tepat tanggal 28 Agustus 2021 lalu tim PHP2D BEM KM UNNES 2021 melaksanakan grand opening dengan dihadiri presiden mahasiswa dan akan berakhir pada bulan november  PHP2D ormawa BEM KM UNNES 2021 mengangkat judul Dacon-Tour (Dawung Conservation Tourism): Upaya Optimalisasi Pesona Alam Dusun Dawung Menjadi Rintisan Desa Wisata Mandiri Berbasis Eco-Geotourism. Dalam pengabdian masyarakat ini, tim PHP2D mengangkat desa wisata yang berbasis nilai konservasi dengan memadukan teknologi dan kearifan lokal Dusun Dawung. 

Dalam kegiatan PHP2D BEM KM UNNES 2021, tim membuat program Dacon-tour yang berisi program penataan tempat wisata, pelatihan masyarakat meliputi (pembuatan Feed Ig, Web-ar, kewirausahaan, bank sampah), DAFEST yang berisi festival desa wisata, posko baca berbasis desa ramah anak dan konservasi lingkungan dengan penanaman  pohon serta program bersih desa.

Kepala Dusun Dawung, Muhammad Zamroni berharap dengan adanya program PHP2D dari ormawa BEM KM UNNES2021, harapannya Dusun Dawung menjadi dusun yang memiliki desa wisata yang dapat dilirik oleh masyarakat serta dengan adanya pelatihan yang diadakan mahasiswa dapat memupuk semangat.

“Kami berharap kegiatan ini menjadikan masyarakat dusun dawung memiliki softskill dan hardskill yang mampu membawa desa dawung menjadi maju dengan mengangkat marwah kearifan lokal desa tersebut,” ujar Zamroni. (Mushonifin) 

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini