Baznas Kendal Salurkan Rp 356 juta Zakat di Bulan Ramadhan, 98 Persen Hasil Infak Kalangan ASN

Ilustrasi Zakat

Kendal (Sigi Jateng) – Ramadhan tahun 2021 ini, Baznas Kendal menyalurkan dana zakat sebesar Rp 356.121.000. Bantuan hasil pengumpulan zakat dan infaq yang 98 persennya merupakan dari kalangan PNS. Penyaluran bantuan itu dilakukan bersamaan kegiatan Safari Ramadhan Pemkab Kendal.

Ketua Baznas Kendal, KH Ubaidillah mengatakan, bantuan yang diserahkan untuk masing-masing masjid mendapat bantuan 5 juta rupiah. Selain itu juga ada bantuan untuk fakir miskin dan anak-anak yatim piatu di lingkungan masjid tersebut.

“Bantuan untuk warga miskin dan anak-anak yatim piatu untuk tiap-tiap masjid itu jumlah berbeda-beda, sesuai yang diusulkan,” kata KH Ubaidilah, Senin 19 April 2021.

“Penerima zakat ada yang digunakan untuk pembuatan jamban, biaya pengobatan, keperluan sekolah, tambahan modal usaha dan lainnya,” sambungnya.

Diungkapkan, selama safari ramadahan tahun ini untuk penyerahan zakat digelar di 6 titik, yakni di Masjid Annur Kersan Tegorejo Pegandon, Masjid Baitut Taqwa Kauman Tamanrejo Limbangan, Masjid Al Ittiba Caruban Gemuh, Masjid Al Muttaqin Sukolilan Patebon, Masjid Nurul Huda Selokaton Sukorejo dan Masjid Al Muttaqin Kauman Krajan Kulon Kaliwungu.

“Baznas dalam menyalurkan dana zakat tidak hanya di bulan Ramadhan, namun hampir tiap bulan, sesuai dengan pengajuan dari masing-masing UPZ. Uang zakat yang dikumpulkan oleh UPZ itu, yang 70 persen akan dikembalikan ke UPZ untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerima di lingkungan sekitar UPZ tersebut,” terang Ubaidilah.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kendal Much Rozi, selaku koordinator Safari Ramadhan mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan telah dijadwalkan di 6 masjid dan satu kegiatan di Pendopo Kabupaten. “Pelaksanaannya akan selalu mematuhi protokol kesehatan, sehingga para pejabat yang ikut serta pun dijadwal supaya tidak terlalu banyak,” ucapnya. (dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini