Bangunan Asrama YAPC Blora untuk Penyandang Disabilitas Selesai Direhab

Bupati saat menghadiri serah terima banhunan Asrama Yayasan Anak Penyandang Cacat, Jumat (28/5/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Bupati Blora Arief Rohman menghadiri dan mengapresiasi serah terima bangunan asrama Yayasan Anak Penyandang Cacat (YAPC) “BUDI MULYO” Jepon untuk para penyandang disabilitas.

Rehab bangunan asrama ini merupakan inisiatif Ikatan Alumni SMA 1 (ILUSA) lulusan tahun 1980 yang mendapat dukungan dari berbagai pihak yang tergerak untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak berkebutuhan khusus di Blora. Hal tersebut disampaikan oleh Ibu Amanda salah satu perwakilan ILUSA angkatan 1980.

“Awalnya, kami alumni SMA 1 rasan-rasan membuat apa ya untuk membantu Blora ini kemudian pak Susanto, salah satu teman mengusulkan rehab asrama ini untuk membantu pendidikan anak-anak yang berkebutuhan khusus. Kami kemudian mengumpulkan sedikit demi sedikit dana, dan bantuan dari beberapa saudara serta pihak yang terdorong sehingga terwujudlah bangunan asrama ini, serta tempat tidurnya,”kata Amanda.

Ketua Yayasan YAPC, Sarjono, sangat terharu dan menyampaikan terima kasih atas bantuan perbaikan gedung asrama berikut fasilitasnya.

“Saya sangat berterimakasih atas bantuan dari bapak/ibu donatur sehingga bangunan asrama untuk anak-anak dapat berdiri kokoh sekaligus semakin luas. Kami ucapkan terima kasih pula atas tambahan sebanyak 35 (tiga puluh lima) tempat tidur. Semoga dengan adanya bangunan baru ini, semakin banyak anak disabilitas yang mau bersekolah disini,” ucap Sarjono, Jumat (28/5/2021)

Kemudian dihadapan Bupati Arief, pihaknya menyampaikan harapan untuk pengembangan YAPC kedepannya.

“Kami mohon bantuan kepada Bapak Bupati, agar tanah di depan diperkenankan untuk pengembangan asrama, sehingga antara putra dan putri terpisah asramanya. Demikian juga mohon bantuan dan arahan untuk pengembangan YAPC Budi Mulyo di Kecamatan Kunduran,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut Bupati Arief dalam sambutannya sebelum meresmikan bangunan asrama dengan gunting pita menyampaikan arahan kepada dinas terkait untuk menjembatani usulan Ketua Yayasan YAPC.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Blora menyampaikan terima kasih atas bantuan alumni SMA 1 Blora angkatan 1980 dan juga pihak-pihak lain atas terwujudnya rehab bangunan asrama ini. Dan untuk pengembangan YAPC, tolong Kepala Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan bisa koordinasi dengan pihak yayasan. Apa-apa yang diperlukan tolong disampaikan secara rinci agar nanti bisa kita carikan jalan keluarnya. Termasuk jika memungkinkan akan kita bantu melalui Baznas,” ujar Bupati.

Setelah memberikan sambutan singkat, Bupati Arief didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Ibu Hj. Ainia Shalichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd. BI serta Ketua Yayasan YAPC menggunting pita sebagai penanda peresmian dan dilanjutkan dengan berkeliling asrama. Serta menyapa beberapa anak penyandang disabilitas yang sedang mempertunjukkan kemampuannya dalam bernyanyi. (Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini