Balai Desa Penanggal Lumajang Jadi Lokasi Pengungsian Korban Awan Panas Gunung Semeru

Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang yang dijadikan sebagai tempat pengungsian bagi warga korban awan panas Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). Foto : Ist

Lumajang (Sigi Jateng) – Tim BPBD Kabupaten Lumajang saat ini tengah mengupayakan untuk mendirikan titik pengungsian sektoral di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Salah satunya adalah Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang yang dijadikan sebagai tempat pengungsian bagi warga korban awan panas Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). Terlihat, masyarakat terus berdatangan mengungsi ke sana, sekira pukul 17.00 WIB.

Ada warga dari 2 desa yang mengungsi, yaitu warga Dusun Curah Kobokan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo dan Dusun Kajar Kuning Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro.

Dilansir jatimhariini.co.id, sedikitnya ada  31 perempuan, 25 anak dan 12 orang laki-laki yang mengungsi ke balai Desa Penanggal. Jumlah pengungsi dipastikan terus bertambah. Pengungsi dibantu relawan dari Banser, Karangtaruna, dan masyarakat sekitar.

Warga yang mengungsi, membawa barang kebutuhan yang bisa dimanfaatkan selama mengungsi.

Suto, salahsatu warga yang mengungsi mengatakan, abu di 2 desa tersebut sangat tebal. Bahkan informasinya, jembatan perak yang menghubungkan antara Candipuro dengan Pronojiwo rusak, akibat diterjang banjir lahar.

 “Di lokasi sana parah, semua banyak yang ngungsi,” tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa dan visual Gunung Semeru masih tertutup kabut disertai hujan dengan intensitas sedang. Sementara itu, kerugian materiil dan dampak lainnya dari erupsi Gunung Semeru masih dalam pendataan. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here