Argentina Juara Copa America 2021, Lionel Messi Pemain Terbaik

Tim Argentina saat merayakan kemenangan.

SIGIJATENG.ID – Timnas Argentina sukses meraih gelar juara Copa America 2021 usai menaklukkan Brasil di partai final dengan sekor tipis 1-0. Gol tunggal dicetak oleh Angel Di Maria menit 22.

Laga Argentina vs Brasil digelar di Stadion Maracana, Minggu (11/7/2021) pagi WIB tadi. Kedua tim tampil sengit sepanjang 90 menit pertandingan. Banyak kartu kuning keluar dari saku wasit.

Brasil tampil dominan dengan 13 kali percobaan (2 on target) dan penguasaan bola 60 persen. Sementara itu, Argentina melepaskan 5 tembakan dan menguasai bola 40 persen.

Namun Argentina mampu mencetak gol lebih dulu di menit ke-22. Angel Di Maria membobol gawang Ederson Moraes dengan bola sepakan kaki kirinya, memanfaatkan umpan Rodrigo De Paul. Itu adalah peluan pertama bagi Argentina. Tim Tango unggul 1-0 hingga turun minum.

Brasil berupaya mengejar ketertinggalan di paruh kedua. Namun, rapatnya barisan pertahanan Argentina tak kuasa ditembus Neymar dkk.

Skor 1-0 untuk Argentina bertahan hingga pertandingan berakhir. Lionel Messi dkk keluar sebagai juara Copa America 2021!

Ini menjadi gelar Copa America ke-15 Timnas Argentina sepanjang sejarah. Albiceleste menyamai jumlah trofi yang dimiliki Uruguay.

Argentina juga berhasil memutus puasa gelar Copa America selama 28 tahun. Kali terakhir juara tahun 1993.

Argetina juara Copa America 2021 merupakan pencapaian istimewa bagi kapten Tim Nasional (Timnas) Argentina, Lionel Messi. Penantian sangat panjang, 16 tahun bagi Messi. Karena merupakan trofi pertama Lionel Messi bersama Timnas senior Argentina, semenjak promosi pada 2005. Bagi timnas Argentina, ini adalah keberhasilan juara di ajang yang sama setelah tahun 1993.

Maka tak heran, jika Lionel Messi terlihat sangat emosional dalam merayakana kemenangan. Beban berat hingga belasan tahun akhirnya lepas pada final ini. Sebelumnya, Messi mempersembahkan juara untuk negeranya saat membela Timnas Argentina Junior.

Apalagi, dalam catatan sejarah, sebelum ini Lionel Messi sudah empat kali membawa La Albiceleste -julukan Argentina– lolos ke final turnamen mayor (Piala Dunia dan Copa America). Pada empat final itu, Lionel Messi dan Argentina selalu kalah.

Kali pertama final Copa America 2007. Saat itu, Argentina kalah 0-3 dari Brasil dalam laga yang digelar di Venezuela.

Kemudian pada 2014 lebih tragis lagi. Argentina dan Lionel Messi ditumbangkan Jerman di partai puncak Piala Dunia 2014!

Saat itu, gol tunggal Jerman dilesakkan Mario Gotze di masa perpanjangan waktu.

Argentina lolos final Copa America 2015 dan 2016. Ironisnya, Argentina kalah dari lawan yang sama plus lewat cara yang sama. Di dua final itu, Argentina kalah adu penalti dari Cile!

Karena itu, keberhasilan menjuarai Copa America 2021 merupakan prestasi bagi Lionel Messi. Trofi ini juga menjadi pelipur lara setelah Barcelona hancur lebur di musim 2020-2021.

Selain mengangkat trofi juara, Lionel Messi juga dinobatkan sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak di ajang Copa America 2021. (Asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here