Arab Saudi Izinkan Umrah Pada Bulan Ramadhan, Ini Syaratnya

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali (kiri/bermasker) berdiskusi dengan Dirjen Haji Pakistan Mr Abrar (kanan) di kantor Consulat Pakistan.(foto: ist)

JAKARTA (Sigi Jateng) — Setelah beberapa saat di tutup, Arab Saudi membuka Masjidil Haram dan Masjid Nabawai untuk jemaah umrah, pada bulan Ramadhan 1442 H mendatang. Hanya saja, izin tersebut masih diberikan secara terbatas dan melalui prosedur ketat. Demikian dikatakan Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali.

“Saudi akan membuka izin umrah mulai awal Ramadan 1442H,” terang Endang Jumali melalui pesan singkat, dikutip dilaman kemenag, kemenag.go.id, Rabu (7/4/2021).

Endang Jumali mengatakan, izin umrah juga masih berlaku terbatas. Yakni dibuka bagi warga negara Arab Saudi dan ekspatriat yang saat ini tinggal di Arab Saudi.

Menurut Endang, pendaftaran e-visa umrah bisa dilakukan melalui aplikasi Eatamarna dan Tawakalna. Aplikasi ini tetap terbuka dan dapat diakses oleh penyelenggara umrah untuk negara yang diizinkan jemaahnya masuk ke Arab Saudi.

Calon jemaah umrah yang akan mendaftar, lanjut Endang, diwajibkan sudah divaksin. Selama di Arab Saudi, mereka juga diharuskan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Untuk pembatasan usia jemaah umrah, masih diberlakukan 18 – 60 tahun, kecuali bagi warga Saudi menjadi sebelum 70 tahun,” tandasnya. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here