Antusias Siswa di Banyumas Sambut PTM Terbatas, Meski Dengan Prokes Ketat

Salah seorang siswa saat membantu guru mengangkat meja di SDN 1 Kecila Banyumas. Foto : Istimewa

Banyumas (Sigi Jateng) –  Sambut pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, sejumlah siswa sekolah dasar negeri (SDN) 1 Kecila, Kecamatan Kemanjen, Kabupaten Banyumas antusias sukacita dan penuh semangat meski harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sebelum memasuki lingkungan sekolah, setiap siswa wajib di cek suhu tubuhnya dan diharuskan cuci tangan menggunakan sabun di tempat yang sudah disediakan. Siswa diharuskan membawa bekal sendiri dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, siswa juga dibatasi 50 persen yang masuk sekolah dan belajar tanpa jam istirahat dan tidak boleh jajan di luar. Meski demikian, sejumlah siswa mengaku senang karena bisa bertemu dengan teman-teman kembali.

Kerinduan pada sekolah, guru dan teman-teman membuat mereka bertambah semangat dalam mengikuti kegiatan sekolah tatap muka ini. Bahkan sejumlah siswa dengan rela ikut membantu guru mereka menata meja kursi yang lama tidak digunakan.

“Senang bisa ketemu lagi sama teman-teman. Ya saya pingin sekolah terus setiap hari,” ujar Fauzan, Rabu (1/9/2021).

Sementara pihak sekolah mengaku jika kegiatan belajar tatap muka ini bukan yang pertama. “Sebelum PPKM sebenarnya sudah mulai diberlakukan sebentar dengan ketentuan siswa masuk 30 persen, namun kembali sekolah ditutup karena wabah pandemi kembali meningkat,” kata Kepala SDN 1 Kecila, Suradi.

“Dalam pembelajaran tatap muka, jam pelajaran tidak dipersingkat dan tidak ada waktu istirahat. Sementara pihak sekolah mengawasi secara ketat kegiatan para siswa agar selalu menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Pihaknya berharap setelah kasus pandemi terus menurun di wilayah Kabupaten Banyumas, kegiatan belajar mengajar bisa kembali normal untuk semua sekolah, baik SD, SMP dan SMA.

Diketahui sejak diturunkannya menjadi level 3 dalam pelaksanaan pembatasan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Kabupaten Banyumas kini ada 27 sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang sudah mulai diberlakukan PTM.

Sedangkan untuk sekolah menengah atas (SMA) belum diberlakukan sekolah tatap muka karena masih menunggu kewenangan pihak Provinsi Jawa Tengah. (Dye)Area lampiran

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini