AMM Gelar Aksi Solidaritas Palestina, Dilanjutkan Sholat Maghrib Berjamaah

Peserta aksi solidaritas untuk Palestina yang digelar oleh Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM). (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Semarang menggelar aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina di halaman Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Jalan Singosari Raya No. 33 Kota Semarang, Jumat (21/5).

Aksi tersebut diikuti seluruh elemen AMM se-Kota Semarang, seperti Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Kokam, Tapak Suci, Nasyiatul Aisyiyah, Hizbul wathan, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Budi Hidayat selaku koordinator lapangan membuka orasi dengan mengutip pembukaan UUD 1945 yaitu tentang hak kemerdekaan untuk segala bangsa.

“Kami menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia dan dunia bahwa kita mendukung konstitusi negara kita yang menyatakan kemerdekaan itu hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan,” kata Budi melalui pesan tertulis pada Sabtu (22/5/2021). 

“Kami sebagai anggatan muda Muhammadiyah menyampaikan bahwa kami berada dalam koridor konstitusi, kita menolak segala bentuk penjajahan dan kita mendukung kemerdekaan Palestina. Kita bangsa Indonesia bersama yang lain, mendukung kemerdekaan Palestina”, lanjut Budi.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang Suharno menyampaiakan bahwa dalam orasi ini juga dilakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk membantu saudara kita di Palestina.

“Kami juga melakukan penggalangan dana untuk bantuan kemanusiaan kepada Palestina. Dana tersebut akan kami salurkan melalui LazisMu Kota Semarang untuk diteruskan ke LazisMu Jawa Tengah dan naisonal,” terang suharno.

“Dana yang terkumpul dari hasil orasi siang ini sekitar Rp. 3 juta,” katanya.

Aksi solidaritas ini dilaksanakan secara terbatas dan dilakukan di tempat terbuka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan dipantau oleh aparat keamanan setempat dan Muhammadiyah COVID-19 Command Center  (MCCC).

peserta aksi mengikuti shalat ghaib berjamaah untuk masyarakat Palestina yang meninggal akibat agresi militer Israil. Kegiatan tersebut ditutup dengan shalat ghaib dan doa bersama. (Mushonifin) 

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini