Aksi Mayday di Balaikota Semarang, Polda Jateng Dirikan Desk Perburuhan

Aksi Mayday di halaman Balaikota Semarang Jalan Pemuda Semarang, Sabru, 1 Mei 2021. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), sebanyak 12 elemen buruh yang ada di kota Semarang, menggelar aksi tatap muka bersama Forkominda Kota Semarang. Mengetengahkan label “Nongkrong Bareng Forkominda Jateng dalam Bentuk Dialog Buruh Bicara” , acara digelar di Hall Balaikota Semarang, Jalan Pemuda No 148, Sabtu Pagi, (1/5/2021).

Selain Nanang Setyono, S.H selaku Ketua Aliansi Gerakan Buruh Berjuang (GERBANG) Kota Semarang, terlihat ikut duduk bersama pula, antara lain Ketua DPD SPN Jateng Sutarjo, SH, Ketua KSPSI Jateng , Gideon Suhartoyo, serta Ketua DPD KEP Jateng , Ahmad Zaenudin.

Hadir pula Ketua DPD SPI Jateng , Waluyo, Ketua KAHUTINDO, Deni Andriyanto, A.Md, Rizki dari FSP PLN Jateng -DIY, Ketua DPD REF FARKES Jateng, Suyitno, dan Ketua Korwil KSBSI Jateng , Wahyudi .

Kepada wartawan, Nanang menyampaikan, aksi May Day yang dilakukan rekan-rekan buruh, tahun ini, memang berbeda dengan tahun –tahun sebelumnya.

“Dalam aksi kali ini, kami hanya melakukan tatap muka bersama Forkominda. Ternyata hasilnya sangat efektif dalam menyampaikan asprirasi kami,” katanya.

Atas nama para buruh, selanjutnya Nanang menyampaikan ucapan terimakasih. Alasannya, kemasan May Day tahun ini sangat keren. Di sela-sela kegiatan” Nongkrong Bareng”, beberapa perwakilan buruh mendapat “hadiah” dari Pemkot Semarang, berupa vaksinasi, dan bantuan paket Sembako dari Kapolda Jateng.

“Kami sangat berterima kasih di Peringatan May Day ini. Kami benar-benar merasa tersanjung, sebab mendapatkan perhatian yang sangat besar dari Kapolda Jateng dan Walkota Semarang. Yaitu dengan di berikannya paket sembako dan vaksinasi gratis,” ungkapnya.

Dia berharap, acara produktif dan kreatif ini, dapat menjadi media bagi teman-teman buruh dalam menyampaikan aspirasi.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Walikota, Polda Jawa Tengah dan Polrestabes Semarang, karena telah memfasilitasi acara ini, sehingga bisa terealisasi dengan baik,” ucapnya.

Di akhir acara, kalangan buruh yang diwakili sejumlah pengurus federasi, mendapat bantuan seribu paket sembako dari Kapolda Jateng.
Direktur Reserse Kriminal Khusus (DIRESKRIMSUS) Polda Jateng, Kombes Johanson Simamora mengatakan, Polda Jawa Tengah membentuk Desk Ketenagakerjaan. Institusi ini, untuk menampung aspirasi para buruh, sekaligus menjembatani seandainya terjadi konflik antara buruh dengan pihak perusahaan maupun dengan pihak-pihak pemangku kepentingan lainnya.
Pembentukan Desk Ketenagakerjaan ini, merupakan tindak lanjut dari keinginan para buruh di Jawa Tengah, dalam upaya penyelesaian setiap masalah yang menimpa buruh.

“Polda Jawa Tengah merespon tuntutan dan keinginan para buruh dengan membentuk Desk Ketenagakerjaan. Tadi malam saya menerima surat perintah langsung dari Bapak Kapolda , untuk segera membentuk Desk Ketenagakerjaan. Semoga ini menjadi solusi setiap permasalahan yang menimpa rekan-rekan buruh,” kata Johanson.

Seribu paket sembako diserahkan oleh Direktur Intelkam Polda Jateng, Kombes Jati Wiyoto Abadi, kepada perwakilan buruh tiap federasi.
“Ini bentuk kepedulian kami untuk buruh yang mau bersinergi dalam menggelar kegiatan produktif di May Day. Aksi demo ataupun aksi turun ke jalan memang tidak kami ijinkan, karena saat ini masih pandemi, yang dapat memicu penularan Covid,” ujar Jati.

Berita Terbaru:

Sementara itu, Walikota Semarang Hendar Prihadi, S.E. mengakui, angka pengangguran di Semarang masih sangat tinggi. Yakni naik 5%. Oleh karena itu, pihaknya sedang mencoba, agar investor-investor yang kami lirik, pada berani melakukan investasi di Semarang, yang tujuan akhirnya antara lain adalah untuk mengurangi angka pengangguran.

“Kami mencoba membantu buruh untuk kebutuhan lainnya dengan menyediakan 100 Vaksinasi gratis. Kami juga sedang meloby investor, agar berani melakukan investasi di Kota Semarang, dengan tujuan, dapat mengurangi pengangguran di Semarang,” tandasnya. (Mushonifin/Aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini