Akibat Tertutup Longsor, Jalan Penghubung Banjarnegara-Kebumen ini Terputus

Material longsor menutupi jalan penghubung Banjarnegera-Kebumen. (Foto: Istimewa)

Banjarnegara (Sigi Jateng) – Bencana tanah longsor juga terjadi di Banjarnegara.  Jalan provinsi Banjarnegara-Kebumen hari ini tidak bisa dilewati. Pasalnya, tebing yang berada di jalur antar kabupaten ini longsor hingga menutup badan jalan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Aris Sudaryanto melaporkan, tebing setinggi 10 meter dan lebar 50 meter longsor. Sehingga sementara ini, jalan Banjarnegara-Kebumen via Gandulekor putus total.

“Tebing yang berada di Desa Glempang, Kecamatan Mandiraja ini longsor tadi malam. Sekitar pukul 10 malam. Sampai pagi ini, masih belum bisa dilewati kendaraan,” kata dia pada Rabu (13/1/2021).

Aris mengatakan, hari ini akan dilakukan pembersihan material tebing longsor tersebut. Nantinya, akan mengerahkan alat berat untuk mempercepat proses pembersihan material tanah longsor tersebut.

“Untuk giat hari ini adalah pembersihan tanah longsor. Karena banyak dan ada bebatuan. Jadi untuk mempercepat akan mengerahkan alat berat juga,” terang Aris.

Selama pembersihan material tanah longsor, pengendara arah Banjarnegara-Kebumen atau sebaliknya dialihkan ke jalur alternatif lain. Yakni melalui Merden, Kecamatan Purwanagara.

“Kalau jalan alternatif lain lewat Merden, Kecamatan Purwanegara. Itu jalan kabupaten, tetapi sudah bagus jadi sementara bisa lewat Merden,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan untuk mempercepat evakuasi material tanah longsor pihaknya menerjunkan tiga alat berat. Yakni dua unit ekskavator dan satu unit bulldozer.

“Untuk mempercepat pembukaan akses, ada dua unit ekskavator, satu kecil, satu besar. Selain itu juga satu unit bulldozer. Target hari ini bisa dilalui,” kata Budhi saat di lokasi tanah longsor Desa Glempang.

Budhi juga mengingatkan kepada pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama saat melintas di bawah tebing. Mengingat ada beberapa titik Banjarnegara rawan tanah longsor.

“Saya imbau, kepada pengendara untuk lebih berhati-hati, karena sekarang intensitas hujan masih cukup tinggi. Dan ada beberapa titik jalan yang memang rawan longsor,” pesannya. (dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here