Akan Kurban Pada Idul Adha 1442 H, Sabtu Sore 10 Juli Terakhir Potong Kuku dan Rambut

SIGIJATENG.ID – Bulan Dzulhijjah 1442 H akan segera datang. Pada tahun ini tangal 1 Dzulhijjah akan jatuh pada MInggu 11 Juli. Dan Idul Adha atau hari raya kurban, yang jatuh pada tanggal 120 Juli 2021.

Pada saat hari raya Idul Adha, amalan yang dianjurkan selain sholat Id juga menyembelih hewan kurban. Seorang yang akan berkurban baiknya tidak memotong kuku dan rambut ketika sudah memasuki tanggal 1 Dzulhijjah sampai hewan kurbannya disembelih.

Adapun batas untuk membersihkan diri ( potong rambut dan potong kuku ) adalah Sabtu, 10 Juli 2021 yang bertepatan dengan 30 Dzulqa’dah 1442 H. Terakhir memotong kuku dan rambut bisa dilakukan hingga sebelum salat Ashar.

Anjuran untuk tidak potong rambut dan potong kuku bagi yang akan kurban, mulai tanggal 1 Dzulhijjah tertuang dalam sabda nabi.

Diriwayatkan dalam sebuah hadis:

“Apabila telah masuk sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, dan salah seorang dari kalian telah berniat untuk berqurban, maka janganlah ia memotong rambutnya dan kulitnya sedikitpun.” (HR. Muslim).

Karena ini bersifat anjuran saja, bedasarkan sumber yang didapat Sigijateng.id , barangsiapa yang melanggar ketentuan ini karena lupa atau belum tahu hukumnya maka ia tidak berdosa, tidak pula membayar fidyah atau kaffarah.

Barangsiapa yang melanggarnya dengan sengaja maka hendaklah ia bertaubat kepada Allah ta’ala, membaca istighfar dan tidak ada kewajiban fidyah atau kaffarah atasnya.

Ibnu Qudamah –rahimahullah- berkata: “Jika telah ditetapkan dalam beberapa riwayat, maka ia tidak boleh mencukur rambut, dan memotong kuku. Dan jika ia melakukannya maka harus bertaubat kepada Allah –Ta’ala-, namun tidak ada fidyah baik karena sengaja atau lupa, ini merupakan hasil ijma’ para ulama “. (al Mughni: 9/346)

Menurut ulama Syafi’iyah, hikmah larangan untuk orang yang berkurban di sini adalah agar rambut dan kuku yang hendak di potong tetap ada hingga hewan kurban disembelih, supaya semakin banyak anggota tubuh yang terbebas dari api neraka. (Aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here