96 Warga Binaan Rutan Salatiga Kembali Di Suntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Seorang warga binaan pemasyarakatan Rutan Salatiga saat mengikuti vaksinasi Covid-19, Jumat (3/9/2021). Foto: Istimewa

Salatiga (Sigi Jateng) – Puluhan warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Salatiga mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Penyuntikan vaksin dilakukan di selasar Rutan Salatiga, Jumat (3/9/2021).

Kepala Rutan Kelas IIB Salatiga Andri Lesmano mengatakan, jumlah warga binaan pemasyarakatan yang mendapat vaksin dosis kedua sebanyak 96 orang. Pada vaksinasi ini, juga terdapat 25 warga binaan yang menjalani vaksinasi dosis pertama.

“Dulu saat vaksinasi dosis pertama, ada puluhan warga binaan yang tidak dapat divaksin karena tak lolos screening. Mereka baru bisa mendapatkan vaksin dosis pertama hari ini. Jadi jumlah total warga binaan yang divaksin sebanyak 121 orang,” kata Andri Lesmano.

Dia berharap setelah vaksinasi dosis kedua, kekebalan kelompok di lingkungan Rutan Salatiga segera terbentuk. “Harapannya potensi penularan Covid-19 di lingkungan rutan bisa ditekan,” katanya.

Sebelumnya, Rutan Salatiga mengajukan vaksinasi untuk 135 orang. Namun dalam perkembangannya, ada warga binaan yang dimutasi ke rutan atau lapas lain. Selain itu ada juga yang sudah bebas.

“Untuk warga binaan yang sudah bebas, kami panggil untuk mengikuti vaksinasi dosis kedua. Sedangkan yang dimutasi ke rutan atau lapas lain, mengikuti vaksinasi dosis kedua di rutan atau lapas yang baru,” ujarnya.

Tidak ada kendala dalam pelaksanaan vaksinasi dosis kedua. Semua warga binaan yang lolos screening bisa divaksin. Pelaksanaan vaksinasi bekerja sama dengan Puskesmas Sidorejo Lor. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here