329 Kendaraan Masuk Pantura Brebes di Putar Balik, Hari Pertama Larangan Mudik

Suasana penyekatan mudik di jalur Pantura, Pos Kecipir, Brebes, Kamis (6/5/2021). (Foto: detikcom)


Brebes (Sigi Jateng)
 – Hari pertama masa berlakunya larangan mudik, ratusan kendaraan yang melintas di jalur Pantura Brebes Jawa Tengah diminta putar balik. Seperti terlihat, penyekatan mudik tersebut berada di Pos Kecipir Losari.

“Dari penyekatan di hari pertama larangan mudik ini ada 329 yang kami tindak. Semuanya kita sarankan untuk putar balik,” ujar Kapala Pos Penyekatan Pos Kecipir, Ipda Rizky Renandi Putra, kepada wartawan, Kamis (6/5/2021).

Total 329 kendaraan yang diputar balik tersebut terdiri dari lima kendaraan yang diduga travel, tujuh kendaraan pribadi dan 317 sepeda motor.

Sejak diberlakukannya larangan mudik hari ini, pos penyekatan mudik akan dijaga 24 jam oleh petugas gabung. Para petugas terdiri dari personel TNI, polisi, Dishub, Satpol PP, dan unsur lainnya.

Seluruh kendaraan yang melintas di pos penyekatan mudik akan diperiksa kepemilikan surat-surat mulai dari surat tugas dan keterangan sehat. Mereka juga akan diperiksa suhu tubuhnya.

“Sejak Kamis dini hari kami melakukan penyekatan di jalur pantura Desa Kecipir. Penyekatan dilakukan sejak pukul 00.00 WIB hingga sahur dan telah memutar balik ratusan kendaraan pemudik,” sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, peningkatan arus lalu lintas di jalur Pantura Brebes sudah mulai terjadi kemarin. Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto, menyebut peningkatan arus kendaraan di jalur Pantura wilayahnya kemarin mencapai 10 persen.

Gatot juga telah menjelaskan terkait rekayasa berupa kanalisasi di Pantura Brebes selama larangan mudik dengan memilah-milah kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah baik melalui jalur Pantura maupun tol.

Rekayasa ini dinilai akan mempermudah melakukan penyekatan mudik. Kanalisasi di Kecipir akan dimulai dari arah barat Pos Kecipir.

Kendaraan jenis truk barang baik sembako maupun lainnya langsung diarahkan ke timur (Jawa Tengah). Sedangkan kendaraan roda dua dan mobil penumpang diarahkan masuk pos penyekatan.

“Di kecipir ini kita lakukan pemeriksaan mulai dari identitas dan surat surat lainnya. Kalau memang dinyatakan pemudik akan kita putar balik ke daerah asal, kecuali untuk masyarakat lokal akan diperbolehkan melintas,” ujar dia.

Sedangkan kanalisasi di tol, mobil angkutan barang dari barat diteruskan ke timur. Sedangkan mobil penumpang diarahkan ke Exit Tol Pejagan untuk diperiksa.

“Jika kedapatan pemudik akan diputar balik,” terangnya. (Dtc/dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here